Para supplier komponen otomotif lokal berkerasi membuat berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan penanganan virus korona di Indonesia. Toyota
Para supplier komponen otomotif lokal berkerasi membuat berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan penanganan virus korona di Indonesia. Toyota

Program Sosial

Supplier Otomotif Berkreasi Memenuhi Kebutuhan Penanganan Covid-19

Otomotif toyota
Ekawan Raharja • 09 Juni 2020 12:13

Jakarta: Pandemik Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, dan sejumlah daerah masih tinggi angka infeksinya, sehingga terus membutuhkan bantuan untuk mengatasinya. Jika kemarin banyak merek-merek otomotif yang bergerak membantu memenuhi berbagai kebutuhan para petugas medis dan garda terdepan penanganan virus korona, kini giliran para supplier komponen otomotif yang bergerak membantu.
 
Para supplier komponen otomotif yang tergabung dalam ?Toyota Manufacturers Club berkreasi menciptakan berbagai alat yang menjadi kebutuhan garda terdepan dalam menghadapi virus korona. Salah satunya yang menjadi kreasi mereka adalah ambulans dengan mengambil basis dari Toyota Kijang Innova.
 
Kabin yang ditawarkan mobil buatan Indonesia itu diklaim cukup untuk membawa sejumlah fitur untuk ambulans seperti tempat tidur pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di dalam kabin. Peralatan standar lainnya juga tersedia, seperti alat pemadam api ringan, lampu untuk menangani pasien, serta lampu sorot di bagian belakang yang bisa dimanfaatkan saat menuju area gelap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menyediakan ambulans, mereka juga bekerja sama dengan Universitas Indonesia menciptakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan standar medis dan dapat melindungi para petugas medis saat bertugas. APD yang dikembangkan seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.
 
Semua hasil kreasi para produsen komponen lokal ini disumbangkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan langsung diterima oleh Gubernur Anies Baswedan. Donasi yang diberikan berupa 4 unit Kijang Innova ambulans dan 34.800 face mask kepada pemerintah DKI Jakarta untuk nanti dibantu disebarluaskan kepada yang membutuhkan.
 
"Upaya kami hanyalah sebagian kecil dari kebutuhan, namun demikian, sebagai bagian dari warga DKI Jakarta, kami berharap donasi ini dapat mendukung transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menambah semangat warga ibukota,” ujar Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, melalui keterangan resminya.
 
Belakangan ini, memang insan otomotif di dalam negeri memang cukup getol dalam memberikan bantuan dengan berbagai bentuk kepada masyarakat, tenaga medis, atau petugas di garda penanganan Covid-19. Sebagai contoh juga Hyundai yang kini sedang membangun pabrik di Indonesia cukup aktif memberikan bantuan APD, dan menginisiasi diadakannya rapid test drive-thru untuk pengecekan virus korona. Kemudian ada juga DFSK yang turut memberikan bantuan berupa masker dan thermogun kepada Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan Kepolisian Resor (Polres) Serang.


 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif