Mobil ini mengandalkan teknologi jaringan 5G dan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Celcom. Paultan
Mobil ini mengandalkan teknologi jaringan 5G dan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Celcom. Paultan

Indonesia Baru Taksi Listrik, Malaysia Sudah Pakai Taksi Otonom

Otomotif proton
Ekawan Raharja • 23 April 2019 14:50
Putrajaya: Bluebird baru saja meresmikan armada taksi listrik mereka untuk daerah Jakarta pada Senin (22/4/2019). Namun beberapa hari sebelumnya, Malaysia juga melakukan uji coba untuk taksi otonom di jalan-jalan mereka.
 
Dikutip dari Paultan, Malaysia baru saja melakukan uji coba taksi listrik dengan menggunakan Proton Exora. Bahkan taksi tanpa supir ini langsung di coba oleh Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir, dan ditemani oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia, Gobind Singh Deo.
 
Mobil ini mengandalkan teknologi jaringan 5G dan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Celcom. Kemudian untuk sistem otonomnya dikembangkan oleh eMooVit Technology, sebuah startup yang berfokus pada teknologi mobil otonom yang berkantor pusat di Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai sensor otonom, Exora satu ini dilengkapi dengan berbagai kamera, radar, dan sensor Lidar yang memungkinkan untuk mengenali kondisi lingkungan di sekitar. Sistem ini mampu menjalankan mobil tanpa sopir hingga level 4 hingga dapat berjalan sendiri. Hanya saja pengemudi masih ada pengemudi yang masih di balik kemudi sebagai preventif jika terjadi error, sehingga setir dan pedal tidak hilang dari kabin. Mengingat teknologi mengandalkan jaringan 5G dan bisa saja hilang.
 
Indonesia Baru Taksi Listrik, Malaysia Sudah Pakai Taksi Otonom
 
Sistem otonom ini juga terhubung ke server pusat untuk memastikan mendapatkan informasi pemetaan terbaru, dan menjadi data mengenai pemetaan daerah. Komunikasi kendaraan ini berjalan dua arah, karena sistem akan mengirimkan pembaruan yang dapat bermanfaat bagi kendaraan lain seperti penghalang atau bahaya jalan lainnya.
 
Selain itu di mobil ini juga terdapat tombol darurat yang terhubung dengan kontrol kendaraan. Bila tombol ini diaktifkan maka pengemudi akan mengambil alih kontrol kendaraan secara penuh dan mengendalikan secara manual.
 
Di belahan dunia lainnya, khususnya Di Indonesia, baru-baru ini menjalankan taksi listrik dengan mengandalkan BYD e6 untuk Bluebird dan Tesla Model X 75D. Keduanya merupakan mobil dengan teknologi full listrik, dan akan beroperasi di Jakarta per Mei 2019.
 
Direktur PT Blue Bird, Adrianto Djokosoetono, menambahkan selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik ini juga memberikan nilai tambah dalam kaitan dengan program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan pengguaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif