Hyundai Spot. Medcom.id/Ekawan Raharja
Hyundai Spot. Medcom.id/Ekawan Raharja

Teknologi Otomotif

Unik, Hyundai Punya Robot Berkaki Empat

Otomotif teknologi otomotif hyundai
Ekawan Raharja • 03 September 2021 09:00
Jakarta: Hyundai sudah dikenal sebagai produsen kendaraan bermotor dengan berbagai model. Uniknya, merek asal Korea Selatan ini memiliki robotik dengan kaki.
 
Mereka memperkenalkan Spot yang merupakan robot berkaki empat yang dikembangkan bersama dengan Boston Dynamics. Robot ini bisa digunakan untuk menjangkau lokasi-lokasi yang tidak bisa dicapai oleh manusia, atau angkutan barang di area-area tertentu dengan bobot sampai 13,6 kilogram
 
Managing Director PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), Makmur, menjelaskan kehadiran Spot merupakan bentuk perwujutan perusahaan tidak hanya sekadar produsen otomotif tapi juga produsen penyedia layanan mobilitas. Inovasi ini diklaim akan mengangkat layanan mobilitas saat ini ke tingkatan selanjutnya demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pelanggan.
 
”Kami secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian kami secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi,” ungkap Makmur Kamis (2/8/2021) di Kelapa Gading.
 
Makmur juga menjelaskan bahwa kemungkinan penerapan teknologi robotik ini juga terbuka di sektor otomotif. Mengingat kendaraan-kendaraan di masa depan akan semakin canggih dan membutuhkan kemampuan otomatis seperti yang dimiliki oleh robotik.
 
"Sebagai contoh penerapan robotik ini bisa digunakan di teknologi kendaraan otonom di masa depan. Spot menggunakan camera di berbagai sisi sensor lingkungan, dan begitu juga teknologi otonom juga mengandalkan sensor untuk mengenali lingkungan di sekitar," ungkap Makmur.
 
Sayangnya Spot belum diproduksi massal dan tidak dijual untuk umum. Sehingga masyarakat di Indonesia belum bisa memiliki robot kuning tersebut.
 
Pengembangan dunia robotik juga tidak hanya dilakukan oleh Hyundai saja. Jauh sebelumnya, Honda juga mengembangkan hal serupa dengan robot yang diberi nama Asimo. Asimo merupakan robot dengan bentuk manusia dan bisa bergerak layaknya makhluk hidup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif