Mobil khusus untuk kondisi ekstrim di bawah nol derajat. Gizmag
Mobil khusus untuk kondisi ekstrim di bawah nol derajat. Gizmag

Kendaraan Unik

Intip Kendaraan Khusus Antartika di Bawah Nol Derajat

Otomotif mobil baru
M. Bagus Rachmanto • 03 Juli 2020 18:06
Antartika: Venturi Automobiles menciptakan The Venturi Antartika sebuah prototipe kendaraan listrik yang dirancang untuk mengatasi iklim dan medan berat Antartika.
 
Kendaraan ini sudah menyelesaikan uji coba pertamanya di Alpen Selatan Eropa. The Venturi Antartika menciptakan kemudi berbentuk joystick. Menjelajah pegunungan salju dengan kecepatan tertinggi mencapai 25 km per jam.
 
Prototipe ini dikembangkan menggunakan bahan yang ringan dan dipersiapkan tahan terhadap cuaca ekstrim hingga suhu di bawah nol derajat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendaraan ini diciptakan untuk membantu para ilmuwan mencapai lokasi penelitian dengan cepat tanpa resiko rusaknya sampel yang dikumpulkan akibat lamanya jarak tempuh apabila berjalan kaki atau menggunakan ski.
 
Franck Baldet, insinyur penguji Venturi Automobiles menyampaikan kepada Gizmag, "Mereka membutuhkan kendaraan yang tidak mencemari tanah dan udara, bidang studi harus bersih dari aktivitas manusia."
 
Memiliki ukuran panjang 3 m, 2,3 dan lebar 1,8 m, prototipe ini menggunakan baterai 23 kwh, dua motor listrik dan berpenggerak delapan roda. Menjelajah pegunungan Alpen yang memiliki medan berat bertujuan untuk menguji seberapa intuitif kendaraan menanggapi kemampuan kontrol joystick.
 
Kemudian juga menguji seberapa bagus trik bermanuver serta sistem pengereman. Sehingga para ilmuwan dapat mengendarai dengan mudah tanpa perlu pelatihan khusus. Mobil ini juga didesain tidak memiliki kabin, jadi pengendara bisa merasakan langsung kondisi sekitar.
 
"Kami menegaskan bahwa ini adalah kendaraan yang paling mudah dikendarai dengan joystick, kami melakukan tes mengemudi dan berhasil mencapai kecepatan rata-rata 20 km per jam. Sebagaimana ditentukan oleh kebutuhan ilmuwan dan Perancis Polar Institute (IPEV)," demikian yang diungkapkan Baldet, seperti dikutip Gizmag.

 

(UDA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif