Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Uji Emisi Kendaraan

Segini Tarif untuk Uji Emisi di Bengkel Resmi Daihatsu

Otomotif daihatsu Uji Emisi Kendaraan Layanan Purna Jual,
Ekawan Raharja • 21 Januari 2021 12:00
Jakarta: Per 24 Januari 2021, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan Peraturan Gubernur No. 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang mana kendaraan dengan usia 3 tahun atau lebih wajib melaksanakan uji emisi gas buang. Bagi para pemilik mobil bisa memanfaatkan pelaksanaan uji emisi gas buang gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, atau datang ke bengkel resmi.
 
Untuk sekarang ini, baru bengkel resmi Toyota, BMW, Mercedes-Benz, dan Daihatsu di Jakarta yang mengumumkan menerima layanan uji emisi gas buang kendaraan. Bahkan Daihatsu secara terang-terangan menyebutkan untuk biaya uji emisi saja di bengkel resmi mereka akan dikenakan biaya Rp165 ribu (sudah termasuk PPN).
 
“Bagi Sahabat yang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, bisa langsung uji emisi kendaraannya secara gratis. Namun, Daihatsu juga melayani konsumen yang hanya ingin melakukan uji emisi saja dengan membayar Rp165 ribu," ungkap Service Department Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Ratno Yunanto, melalui keterangan resminya.
 
Kendaraan yang sudah menjalani uji emisi dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat lulus uji emisi yang terdaftar resmi, dan dapat dicek pada aplikasi e-Uji Emisi. Sehingga para pemilik mobil tidak perlu repot-repot lagi mengurus uji emisi ini saat melakukan perpanjangan pajak tahunan atau lima tahunan.
 
Workshop Operational Section Head PT AI-DSO, I Wayan Wijaya, juga membeberkan kunci bagaimana caranya agar mobil lulus uji emisi dengan baik. "Untuk menjaga mobil tetap prima dan emisi gas buang sesuai batas aman, yaitu lakukan perawatan mesin secara berkala dan menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin mobil.”
 
Halaman Selanjutnya
  Selain Daihatsu, BMW juga…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif