Ilustrasi komponen otomotif. Daihatsu
Ilustrasi komponen otomotif. Daihatsu

Industri Otomotif

Indonesia Bidik Negara Eropa Buat Jadi Pasar Komponen Otomotif

Otomotif Ekspor industri otomotif komponen otomotif Kementerian Perindustrian Belarusia
Ekawan Raharja • 21 Januari 2022 11:00
Jakarta: Indonesia siap menambah luas pasar ekspor dari sektor otomotif. Kementerian Perindustrian sekarang ini sedang berusaha membidik Belarusia sebagai pasar komponen otomotif buatan dalam negeri.
 
“Beberapa waktu lalu, kami telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Belarusia untuk membahas tindak lanjut penandatangan LoI kerja sama industri Indonesia-Belarusia,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII), Eko SA Cahyanto, melalui keterangan resminya.
 
Adapun sejumlah sektor yang akan dijalin kerja samanya, antara lain industri komponen otomotif, kimia hulu, dan agro. Salah satu potensi kerja sama yang sedang dipacu, yaitu kolaborasi antara pelaku industri komponen otomotif Indonesia dengan Minsk Automobile Plant (MAZ).
 
“MAZ berencana untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan komponen otomotif di wilayah ASEAN. Kami berharap Indonesia menjadi salah satu negara yang dibidik karena memiliki potensi pasar yang besar dan kemampuan industri komponen yang berdaya saing,” papar Eko.
 
Kerja sama yang bakal disasar oleh MAZ adalah untuk mendukung tahap pertama produksi delapan model kendaraan yang mereka produksi, di antaranya truk sampah berukuran besar dan kecil, truk roda lima untuk kebutuhan pelabuhan, long wheelbase truck, serta sasis untuk kendaraan khusus.
 
Halaman Selanjutnya
  Selain itu, BUMN Belarusia…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif