Pelat nomor dengan kode RF tidak memiliki kekebalan terhadap hukum di jalan. Dok Medcom.id
Pelat nomor dengan kode RF tidak memiliki kekebalan terhadap hukum di jalan. Dok Medcom.id

Lalu Lintas

Benarkah Pelat Mobil "RF" Spesial dan Anti Razia?

Otomotif lalu lintas
Ekawan Raharja • 24 September 2020 16:00
Jakarta: Masyarakat hingga sekarang ini banyak yang menganggap pelat nomor kendaraan dengan kode huruf belakang RF (RFS, RFH, RFD, RFO, dan sebagainya) memiliki imun terhadap peraturan lalu lintas. Nyatanya pelat dengan kode RF dipastikan memiliki status yang sama dengan nomor kendaraan lainnya yang melintas di jalanan.
 
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, menjelaskan pelat tersebut sama saja di jalan dengan pelat nomor kendaraan lainnya. Dia mengklaim tidak ada yang spesial dari pelat nomor tersebut dan memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.
 
"Tidak ada perbedaan di lalu lintas. Tetap akan ditilang apabila melanggar, apabila ketangkap E-TLE (Tilang elektronik) tetap akan di rekam," ucap AKBP Fahri Siregar Kamis (24/9/2020) kepada Medcom.id melalui sambungan telepon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila melanggar Ganjil-Genap pun, mobil dengan pelat ini pun tetap akan ditilang. Kecuali mobil dengan kode pelat RF mendapatkan kawalan dari kepolisian maka tetap diperbolehkan melintas meskipun nomor plat mobilnya tidak sesuai dengan peraturan Ganjil-Genap di Jakarta.
 
"Namun perlu diingat yang membuat mobil ini diperbolehkan masuk karena mendapatkan pengawalan dari Kepolisian. Ini sesuai dengan 13 kendaraan yang diperbolehkan melintas di Ganjil-Genap," tambahnya lagi.
 

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif