Peluncuran mobil baru secara virtual kini cukup efektif di tengah wabah virus korona. Toyota
Peluncuran mobil baru secara virtual kini cukup efektif di tengah wabah virus korona. Toyota

Industri Otomotif

Ramai Peluncuran Virtual Mobil Baru, Toyota: Cukup Efektif

Otomotif toyota industri otomotif Virus Korona virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 02 April 2020 17:22

Jakarta: Sejumlah merek otomotif memanfaatkan teknologi internet dengan melakukan seremonial peluncuran mobil baru secara virtual di dunia maya. Toyota sebagai salah satu merek yang sempat melakukan hal ini mengakui efeknya cukup baik dan efektif.
 
Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska, menjelaskan Toyota baru saja melakukan peluncuran New Agya secara virtual pada 19 Maret 2020. Cara ini cukup efektif karena diakuinya konsumen saat ini sudah terbiasa mencari informasi lewat platform digital.
 
"Sebenarnya cukup efektif. View pas live itu mencapai 1.000. Kalau nggak salah 3 hari kemudian menjadi 9.000 viewer. Cuma ya itu, mobil biar gimana juga kan harus lihat langsung. Jadi ada sedikit kegaringanlah," ungkap Dimas Azka dikutip dari Autogear.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski terbilang efektif, namun tetap ada kekurangan yang terjadi saat peluncuran mobil baru dilakukan melalui dunia maya. Diakuinya dengan cara ini membuat konsumen maupun wartawan tidak bisa melihat langsung wujud dari produk yang diluncurkan.
 
Peluncuran secara virtual ini juga tidak terlepas dari wabah virus korona, dan memaksa masyarakat Indonesia untuk menghindari kerumunan serta melakukan jaga jarak. Dimas menambahkan, dengan imbauan Work From Home (WFH) serta Social Distancing, maka yang menjadi tantangan adalah bagaimana Toyota memaksimalkan ketersediaan informasi sebanyak mungkin di setiap platform digital.
 
"Jadi web kita sudah harus siap dan layanan digital seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan," sambung Dimas.
 
"Apa yang sudah kita pelajari sekarang, kenapa tidak kita kombinasikan nanti. Kita tidak bisa pungkiri juga, orang juga harus yakin saat melihat dan mencoba mobilnya. Akan kita kombinasikan, jadi yang kemarin jadi pertimbangan ke depan melengkapi yang ada," tegasnya.
 
Selain Toyota, ada juga sejumlah merek lainnya yang melakukan hal serupa seperti Daihatsu yang meluncurkan new Ayla dan Sirion, serta Morris Garage (MG) yang memperkenalkan ZS. Besok pun juga akan ada peluncuran virtual yang dilakukan Mazda dan BMW, kira-kira mobil apa yang akan mereka bawa?


 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif