Apple CarPlay Kini Bisa Pakai Google Maps
Apple CarPlay terbaru bakal tersedia untuk iOS 12. Apple
California: Selama ini pengguna Apple CarPlay hanya bisa menggunakan Apple Maps sebagai aplikasi navigasi mereka. Namun kini para pengguna Apple CarPlay bakal bergembira karena selain Apple Maps, ke depannya mereka bisa juga menggunakan aplikasi navigasi pihak ketiga seperti Google Maps, Waze, atau aplikasi navigasi lainnya.

Apple mengumumkan hal ini bertepatan dengan momentum World Wide Developers Conference (WWDC) 2018. Disebutkan kalau iOS 12 dapat mendukung aplikasi navigasi dari pihak ketiga.

Masalah aplikasi navigasi di Apple CarPlay sudah masalah lama, dan penggunanya hanya bisa mengandalkan Apple Maps. Padahal aplikasi garapan buah apel tergigit tersebut kurang disukai, dan kalah pamor dengan Google Maps ataupun Waze.


Sayangnya belum dibeberkan detail untuk iOS 12 ini. Hanya saja di interface terbaru iOS sudah menampilkan Waze dan Google Maps. Bahkan mereka menambahkan asisten virual Siri untuk membantu selama perjalanan.

Hal ini bisa jadi dilakukan oleh Apple mengingat kompetitor mereka Android sudah membuka akses untuk Waze di Android Auto. Sehingga mereka pun harus berbenah dan agar konsumen Apple tidak beralih.



(UDA)