Oli mesin memiliki tugas melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin. Toyota
Oli mesin memiliki tugas melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin. Toyota

Oli Mesin Menguap Saat Macet? Waspada Overheat

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 09 Agustus 2019 12:13
Jakarta: Oli mesin memiliki fungsi utama untuk melumasi komponen-komponen yang bekerja di dalam mesin. Selain ituoli memiliki kemampuan membantu mengurangi panas mesin. Dwifungsi yang dimiliki oleh oli modern ini tentu memiliki tugas berat, dan risiko menguap pun bisa saja terjadi.
 
Secara alami oli juga mengalami penguapan saat suhu tinggi. Karena pada batas temperatur tertentu, energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas dari luar.
 
Memang oli mesin modern telah memiliki aditif yang membuatnya lebih tahan panas dan tidak mudah menguap. Masalahnya, tetap ada batas suhu maksimal sampai akhirnya oli akan menguap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asal masih dalam kadar aman, penguapan oli mesin masih wajar saja. Itulah mengapa Bengkel Resmi Auto2000 merekomendasikan untuk ganti oli setiap 6 bulan sekali atau 10.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.
 
Masalahnya jika sama sekali tidak peduli pada kondisi oli mesin, seperti tidak pernah mengecek volume oli lewat tongkat pemeriksa (dipstick). Tanpa sadar, oli mesin berkurang atau bahkan sampai habis.
 
Volume oli yang tidak sesuai kebutuhan akan membuat tugasnya melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin semakin berat. Jika dibiarkan akan membuat usia pakai komponen mesin turun dan cepat rusak.
 
Turunnya kondisi komponen membuat mesin kesulitan mengail tenaga sehingga performanya turun. Selain tentunya membuat boros konsumsi bensin karena akan menekan pedal gas lebih dalam untuk mendapatkan tenaga.
 
Apalagi kalau sampai oli mesin habis total. Komponen mesin yang bergesekan tanpa ada pelumas akan membuat mesin macet dan rusak parah. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki pun tidak murah.
 
Oleh sebab itu, jangan pernah alpa membawa mobil untuk servis berkala ke bengkel resmi lantaran oli mesin pasti diperhatikan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif