Pemanasan sebelum berkendara penting dilakukan untuk menjaga fisik selama berkendara. Dirt BIkers
Pemanasan sebelum berkendara penting dilakukan untuk menjaga fisik selama berkendara. Dirt BIkers

Pemanasan Sebelum Berkendara Agar Tidak Cepat Lelah dan Stres

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 20 September 2019 11:35
Jakarta: Anda memerlukan kondisi fisik yang prima agar bisa berkendara sepeda motor secara aman dan nyaman. Oleh karena itu, supaya badan tak cepat lelah sebaiknya membiasakan diri melakukan pemanasan sebelum berkendara.
 
"Pemanasan harus dilakukan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Pemanasan sama seperti mesin sepeda motor sebelum beroperasi," ujar Instruktur Safety Riding Indako Trading Co, Eka Yolahati, seperti dikutip dari laman resmi Astra Honda Motor.
 
Dikatakan bahwa intinya melakukan pemanasan sebelum berkendara agar Anda tidak cepat lelah dan stres. "Dengan begitu bisa mengurangi potensi kecelakaan dari dalam diri sendiri."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Eka, sebaiknya pemanasan saat pagi hari karena tubuh masih bugar dan pikiran masih fokus. Pemanasan bisa dilakukan sekitar 5-10 menit dengan cara perenggangan otot-otot tangan, kaki, pinggang, dan leher. Dengan begitu, otot-otot di badan telah terbiasa bergerak. Baik itu gerakan santai atau mendadak.
 
Setelah Anda melakukan pemanasan, jangan lupa memanaskan mesin sepeda motor sebelum berkendara. untuk sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi sudah lebih canggih dibanding yang masih menggunakan karburator, oleh karena itu memanaskan mesinnya tidak perlu terlalu lama.
 
Yosi, pemilik bengkel Bengbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur menjelaskan, pada motor sistem injeksi, kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM), dan tidak perlu menarik handel gas ketika menghidupkan atau memanaskan.
 
"Memanaskan mesin motor cukup 1-2 menit dan tidak perlu digeber-geber. Biarkan menyala dengan kondisi stasioner. Pada saat itu, oli sudah bersirkulasi dengan baik," jelas Yosi kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif