Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport merupakan dua model yang berbeda. Mitsubishi
Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport merupakan dua model yang berbeda. Mitsubishi

Sejarah Mobil

Serupa Tapi Tak Sama, Pajero & Pajero Sport Berbeda

Otomotif mitsubishi
Ekawan Raharja • 02 Agustus 2020 13:54
Jakarta: Belakangan memang ramai berhembus bahwasanya Mitsubishi akan menghentikan produksi Pajero secara global. Hal ini kemudian ditangkap oleh banyak orang bahwa keputusan ini akan berdampak kepada Pajero Sport.
 
Perlu diingat bahwa Pajero dan Pajero Sport adalah dua mobil yang berbeda. Meski sama-sama mengusung model sport utility vehicle (SUV), namun keduanya memiliki perbedaan.
 
President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura, menjelaskan Pajero dan Pajero Sport adalah dia model dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda. Bahkan selama 11 tahun kehadiran Pajero Sport di Indonesia bisa diterima dengan baik, mencapai 160 ribu dengan rata-rata pangsa pasar lebih dari 40 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konsumen tidak perlu khawatir dengan kelangsungan model Pajero Sport, serta ketersediaan layanan penjualan hingga purna jualnya di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura melalui keterangan resminya.
 
Menurut pabrikan berlogo tiga berlian ini, segmentasi Pajero berada di segmen Big SUV, sedangkan Pajero Sport masuk di segmen Medium SUV. Perbedaan lainnya lagi adalah Pajero Sport sudah diproduksi sejak 1982 dan kini masuk ke generasi keempat, sedangkan Pajero Sport baru meluncur pada 1996 dan kini baru mencapai generasi ketiga.
 
Kemudian untuk Pajero sekarang ini hanya diproduksi di Jepang saja. Sedangkan model Pajero Sport sudah diproduksi di sejumlah negara, termasuk di Thailand, Indonesia, Rusia, dan negara lainnya.
 
Sebagai mudah untuk membandingkannya, Pajero bersaing dengan Toyota Land Cruiser. Kemudian Pajero Sport berkompetisi dengan Toyota Fortuner dan Nissan Terra.

Mitsubishi Rencana Suntik Mati Pajero

Serupa Tapi Tak Sama, Pajero & Pajero Sport Berbeda
 
Jenama asal Jepang itu berencana untuk menghentikan produksi Pajero per 2021. Hal ini juga berimbas kepada penutupan pabrik Pajero di Kota Sakahogi, Gifu, Jepang.
 
Rencana penutupan ini disampaikan dalam pertemuan dewan direksi di Jepang pada Senin (27/8/2020) waktu setempat. Langkah berat ini tentu terkait dengan kerugian yang dialami oleh Mitsubishi.
 
Mereka memperkirakan kerugian operasi sebesar JPY 140 miliar atau setara Rp 19,3 triliun selama tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2021. Tentu ini kerugian ini tidak terlepas dari pandemik Covid-19.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif