Generasi Corona sudah ada sejak Juli 1957 dan dikala itu Toyota masih menggunakan nama Toyopet. Toyota
Generasi Corona sudah ada sejak Juli 1957 dan dikala itu Toyota masih menggunakan nama Toyopet. Toyota

Mobil Klasik

Ternyata Corona Sudah Menyebar di Dunia Sejak 1957

Otomotif mobil klasik Coronavirus
Ekawan Raharja • 20 Mei 2020 17:36
Jakarta: Belakangan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sedang melanda seluruh dunia dan masyarakat umumnya mengenalnya sebagai Virus Corona. Namun untuk Nama Corona sebetulnya bukanlah hal yang cukup asing karena nama ini sudah tersebar di berbagai belahan dunia sejak tahun 1950-an.
 
Corona yang dimaksud di sini bukanlah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia, melainkan sebuah sedan besutan Toyota yang sudah diproduksi sejak 1957. Di Indonesia mobil ini sempat dipasarkan oleh Toyota-Astra Motor sejak tahun 1971 dan berakhir di tahun 1998.
 
Menurut sejarahnya, generasi Corona sudah ada sejak Juli 1957 dan dikala itu Toyota masih menggunakan nama Toyopet. Corona generasi pertama ini menjadi mobil Toyota pertama yang mengadopsi bodi monokok (monocoque body), mengadopsi sasis dan sistem penggerak milik Crown dan pintu memakai punya Toyopet Master.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Corona dilengkapi mesin 1.000 cc Tipe S yang sudah mengandalkan pendingin air dan menghasilkan tenaga 33 PS @ 4.500 rpm. Pemilihan mesin 1.000 cc ini tidak terlepas dari tingginya tingginya permintaan taksi di saat itu, dan Jenama asal Pabrik ini mencoba untuk memenuhinya.
 
Perjalanan Corona di Indonesia dimulai satu tahun setelah generasi keempat hadir di dunia pada Februari 1970. Corona didaulat sebagai sedan pertama yang dirakit di Indonesia pada Mei 1971.
 
Corona versi Indonesia diisi oleh model sedan 4 pintu. Urusan mesinnya dibekali 1.600 cc 4 silinder segaris dan disandingkan dengan transmisi manual 4-speed. Khusus untuk pasar Indonesia, terdapat 2 pilihan model Corona, yakni Deluxe dan Standard. Sebagai varian tertinggi, varian Deluxe sudah dilengkapi fitur radio dan taburan krom lebih banyak.
 
Uniknya masyarakat di saat itu lebih mengenai model ini sebagai Corona Rhoma Irama. Lantasan sang Raja Dangdut ini sempat menggunakannya dalam salah satu film yang diperankan olehnya.
 
Memasuki generasi keenam atau menyandang nama Absolute, ini menjadi edisi terakhir Corona di Indonesia. Model ini hadir dengan dimensi yang lebih besar, dan mengisi celah antara Corolla dan Crown.
 
Benefit body besar adalah kabin yang lega, terutama di bagian belakang dengan alas jok lebar dan empuk, serta sudut kemiringan sandaran punggung yang dirancang sedemikian rupa supaya dapat menopang tubuh dengan rileks dan nyaman. Corona Absolute masih setia pada unit 1.600 cc dan 2.000 cc twin cam dengan opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.
 
Corona resmi pamit dari pasar Indonesia pada tahun 1998 dan keberadaannya digantikan oleh Toyota Camry yang berada satu level di atas Corona. Reposisi ini menempatkan Corolla sebagai pemain tunggal dari Toyota di level sedan menengah hingga sekarang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif