Ilustrasi mobil listrik. Medcom.id/Ekawan
Ilustrasi mobil listrik. Medcom.id/Ekawan

Industri Otomotif

Ini Rencana Pemerintah untuk Kendaraan Listrik hingga 2030

Otomotif industri otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 15 Juli 2021 11:00
Jakarta: Pemerintah terus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik atau kendaraan listrik di tanah air. Sederet upaya dilakukan,antara lain melalui penyusunan peta jalan pengembangan kendaraan listrik, pemberian berbagai insentif, hingga pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.
 
Pemerintah telah menetapkan roadmap pengembangan kendaraan listrik hingga tahun 2030. Targetnya, produksi kendaraan listrik pada tahun 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua dapat mencapai hingga 2,45 juta unit.
 
Dalam roadmap tersebut, diperkirakan pembelian kendaraan listrik untuk roda empat akan mencapai 132.983 unit, sedangkan untuk kendaraan listrik roda dua akan mencapai 398.530 unit.
 
“Dengan diproduksinya kendaraan listrik, diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua,” ucap Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dikutip dari situs resmi Kemenperin.
 
Selanjutnya untuk mempercepat popularisasi penggunaan kendaraan listrik, pemerintah akan menetapkan peraturan tentang roadmap pembelian kendaraan listrik di instansi pemerintahan.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif