Cek kondisi mesin sebelum memastikan membeli mobil bekas. Daihatsu
Cek kondisi mesin sebelum memastikan membeli mobil bekas. Daihatsu

Tips Otomotif

Panduan Mudah Mengecek Mesin Mobil Bekas

Otomotif mobil bekas tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 20 November 2020 17:00

Jakarta: Ketika hendak membeli mobil bekas, tentu harus melakukan sejumlah pengecekan agar tahu bagaimana kondisinya secara nyata. Konsumen bisa mengecek mulai dari bagian body, kabin, hingga sektor mesin sendiri atau ditemani oleh orang yang berpengalaman.
 
Nah masalah adalah tentu hadir jika harus mengecek seorang diri dan tidak mengerti bagaimana cara mengecek kondisi mobil, khususnya melihat ruang mesin. Daihatsu, melalui situs resminya, membagikan panduan tentang bagaimana cara mengecek kondisi mesin mobil;
 

1. Kap Mesin 

Periksa bagian dalam kap mesin mobil, apakah ada bekas penyok atau terlalu berkarat? Hal ini bisa jadi pertanda kalau mobil rajin dirawat atau tidak.
 
Perhatikan juga label nomor rangka mobil masih dapat terbaca dengan jelas atau tidak. Sebab nomor rangka ini penting digunakan untuk balik nama mobil atau mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). 
 

2. Periksa Selang, Kabel, dan Sabuk

Mobil bekas yang masih prima, partisi di bagian mesin dapat terlihat dari kondisi selang, kabel, dan sabuk yang terhubung di dalam kap mesin. Hindari partisi yang berlubang, terasa rapuh, dan lunak sebab pasti akan keluar uang lagi untuk mengganti partisi mesin ini. 


 
Halaman Selanjutnya
  3. Cek Blok Mesin …
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif