Audi e-Tron salah satu mobil listrik yang dipasarkan di Norwegia. Audi
Audi e-Tron salah satu mobil listrik yang dipasarkan di Norwegia. Audi

Industri Otomotif

Di Negara Ini, Mobil Listrik Lebih Laris dari Mobil Bermesin

Otomotif industri otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 06 Januari 2021 14:00
Oslo: Kendaraan listrik sudah mulai memasuki eranya dan sudah mulai diperkenalkan di berbagai negara. Bahkan di negara satu ini sudah mulai terjadi perubahan pasar, dimana penjualan mobil listrik lebih laris daripada mobil konvensional bermesin bakar.
 
Kondisi ini terjadi di Norwegia dimana penjualan mobil berbahan bakar (termasuk hybrid) kalah laris dengan mobil full listrik (battery electric vehicle/BEV) di sepanjang tahun 2020. Hal ini tentu bisa menjadi contoh bagi negara lainnya yang ingin mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.
 
Menurut data Federasi Jalanan Norwegia (Opplysningsrådet for Veitrafikken/OFV), dikutip dari Reuters, membeberkan penjualan mobil full listrik sudah menguasai pasar otomotif 54,3 persen di tahun 2020. Angka ini terbilang naik cukup signifikan dibandingkan penjualan di 2019 dimana baru mencapai 42,4 persen.
 
Bahkan dalam beberapa bulan di di tahun 2020, penjualan mobil full listrik sudah menembus 50 persen secara beruntun. Bahkan pada Desember 2020, penjualan mobil full listrik mencapai 66,7 persen. Sehingga ini menjadi sejarah bagi Norwegia dimana penjualan mobil full listriknya mengalahkan penjualan mobil bermesin bakar secara keseluruhan.
 
Data ini menunjukan bahwa rencana besar Norwegia untuk menghentikan penjualan mobil bermesin bakar pada tahun 2025 sudah berada di jalan yang benar. Mengingat untuk mendukung penjualan mobil listrik, pemerintah membebaskan pajak mobil listrik sepenuhnya.
 
Halaman Selanjutnya
  “Kami pasti berada di…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif