Suzuki Jimny. Suzuki
Suzuki Jimny. Suzuki

Industri Otomotif

India Klaim Produksi Jimny, Indonesia: Prinsipal Belum Tentukan

Otomotif industri otomotif suzuki mobil
Ekawan Raharja • 30 September 2020 17:37
Jakarta: Belakangan ramai terdengar kabar bahwasanya Suzuki India akan ditunjuk untuk memproduksi Jimny, selain basis produksi di Jepang sekarang ini. Hal ini kemudian menarik perhatian Indonesia, karena baik India dan Indonesia, sekarang ini sedang berjuang untuk memperebutkan hak produksi mobil jip compact tersebut.
 
Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, tidak bisa berkomentar banyak mengenai kabar yang banyak beredar di India tersebut. Menurutnya mereka hanya bisa memberikan komentar apa yang sudah dikeluarkan secara resmi dari pihak prinsipal.
 
"Bicara Jimny, selama informasi bukan informasi resmi Suzuki Motor Corporation Jepang kami sulit mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut. Boleh saja wartawan di India maupun Bangladesh bicara apapun terkait Jimny," ungkap Donny Rabu (30/9/2020) di acara Ngovid Forwot bersama Suzuki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya Media asal India, Timesnownews.com, mengumumkan pembuatan mobil itu akan dikerjakan di pabrik yang berlokasi di Gurgaon India. Sebagai awalan untuk komponen akan dipasok dari Jepang, dan perlahan demi perlahan akan menggunakan komponen buatan lokal yang akan dimulai tahun 2022-2023.
 
Apabila pabrik Gurgaon sudah memproduksi, diperkirakan secara total produksinya bisa mencapai tiga kali lipat dari sekarang ini. Saat ini Jimny baru diproduksi di Jepang dengan kapasitas produksi 50.000-55.000 unit per tahunnya.
 
Tentu saja bertambahnya volume produksi ini akan sangat berpengaruh terhadap konsumen yang sudah menantikan mobil ini, termasuk konsumen di Tanah Air. Bahkan untuk konsumen di Tanah Air juga harus menunggu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan mobil ini karena pemesanan yang membludak, dan masa tunggunya ada yang sudah mencapai lebih dari 5 tahun.
 
"Sebenarnya mulai September tahun lalu kami sudah menutup keran untuk inden Jimny. Dan sampai saat ini belum ada pembukaan keran (pemesanan)," tegas Donny.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif