Tips Knowledge

Bau AC Tak Sedap, Tanda Kabin Mobil Wajib Dibersihkan

M. Bagus Rachmanto 26 Juni 2018 18:15 WIB
tips knowledge
Bau AC Tak Sedap, Tanda Kabin Mobil Wajib Dibersihkan
AC mobil mengeluarkan bau tak sedap karena kebersihan mobil yang kurang terjaga. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Sering kali aroma tidak sedap muncul ketika AC pertama kali dinyalakan. Jika sudah begini, sudah saatnya pemilik mobil untuk memeriksa kebersihan mobil.

Menurut laman Astra World, bau tidak sedap diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di dalam kabin mobil dan filter AC. Kondisi ini jangan disepelkan karena dapat menggangu kesehatan, khususnya sistem pernafasan.

Cara pertama untuk menghilangkan bau tidak sedap ini adalah membersihkan kabin mobil. Pemilik mobil bisa menyedot debu yang ada di dalam mobil, khususnya dibagian karpet mobil.


Kemudian kondisi filter ac dan saluran AC bisa langsung dibersihkan, seperti di evaporator yang sudah berjamur dan ada tumpukan kotoran. Segera bersihkan atau ganti filter AC juga sudah terlalu kotor.

Jika sudah bersih, sebaiknya tidak membuka kaca mobil saat diperjalanan. Tujuannya agar debu di jalanan tidak masuk ke dalam mobil.

Kemudian yang paling penting, hindari merokok di dalam mobil Jangan sampai asap dan debu rokok mengendap di dalam kabin dan membuat bau tidak sedap.

Jika mobil sudah bersih, maka AC pun kembali segar. Sehingga perjalanan terasa semakin nyaman dan menyenangkan.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id