Pertamax Turbo Sudah Terapkan Standar Euro4?
Pertamax Turbo sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Berbagai pabrikan yang ada di Indonesia terus menanti kehadiran bahan bakar minyak berstandar Euro 4 dari Pertamina. Menanggapi hal tersebut, Pertamina mengakui sudah mulai memasarkan BBM berstandar Euro4.

Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, menjelaskan Pertamax Turbo sekarang sudah berstandar Euro4. Salah satu indikasinya adalah kandungan sulfur di dalam bahan bakar tersebut dikisaran 50 part per million (ppm).

“Karena untuk mendukung program pemerintah soal standar Euro4 adalah Pertamax Turbo,” ungkap Arya beberapa waktu lalu di Gedung Pertamina Jakarta.


Lebih lanjut dia mengakui kalau hingga saat ini memang belum seluruh bbm yang ada di Indonesia berstandar Euro4. Hanya saja ke depannya akan dilakukan secara bertahap untuk menuju Euro4.

"Intinya pemerintah membuat regulasi dan kami mengikutinya, dan yang sudah berstandar Euro4 adalah Pertamax Turbo. Tahun ini kami fokus kepada Pertamax Turbo dulu dan yang lain menyesuaikan," beber Arya.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan peraturan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau mengenai standar emisi Euro4. Aturan ini rencananya akan mulai berlaku untuk bbm bensin pada 7 Oktober 2018.



(UDA)