Uji coba aspal untuk sirkuit Formula E di kawasan Monas. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Uji coba aspal untuk sirkuit Formula E di kawasan Monas. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Formula E

Intip Dua Jenis Aspal Sirkuit Formula E Jakarta

Otomotif Formula E
M. Bagus Rachmanto • 12 Maret 2020 07:11
Jakarta: PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah melakukan pengaspalan lintasan Formula E di area Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Februari lalu. Uji coba aspal menggunakan dua jenis aspal berbeda.
 
Olahraga yang berkembang pesat ini menampilkan mobil balap bertenaga listrik yang memiliki kemiripan dengan balap mobil jet darat Formula Satu. Namun sayang, meski sudah diujicoba penyelenggaraan Formula E harus ditunda akibat perkembangan virus korona (covid-19).
 
Padahal selaku penyelenggara ajang balap Formula E, Jakpro menargetkan pengaspalan lintasan Formula E selesai Mei atau satu bulan sebelum ajang balapan dimulai. Lintasan aspal akan diujicobakan untuk kendaraan umum.
 
Pengaspalan lintasan aspal berada di sisi timur Monas. Tekstur aspal sepanjang 15-16 meter. Sirkuit balapan mobil ini diracang sepanjang 2,6 kilometer dengan 11 tikungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada dua lapisan aspal dalam satu area. Bagian di sisi satu berwarna hitam redup, sedangkan sisi satunya hitam mengkilat. Uji coba menggunakan dua metode pengaspalan. Pertama adalah sand sheet dan metode lainnya adalah geotekstil.
 
Geotekstil berwarna hitam namun berkontur lebih empuk ketimbang aspal biasa. Sementara, jenis sand sheet berwarna keabu-abuan dan bertekstur sedikit kasar.
 
"Kalau bisa aspal itu dilewati oleh kendaraan yang lain dulu. Nanti publik bisa merasakan aspal mobil balap seperti ini. Tujuannya supaya itu lebih kuat lebih nempel jadi pada waktu hari H itu tidak ngelotok/mengelupas," ucap Direktur Utama Jakarta Propertindo, Dwi Wahyu Daryoto di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Pengaspalan bakal menimpa batu alam (cobblestone) yang terpasang di kawasan Monas. Dwi memastikan batu alam yang ditimpa bukan bagian dari cagar budaya. Uji coba pun bertujuan agar masyarakat bisa merasakan sensasi melewati lintasan aspal berstandar balapan dunia.
 
Selain Indonesia, ajang Formula E yang sedianya digelar di Roma, Italia, Sabtu, 4 April 2020, juga ditunda. Termasuk Seri balap di Sanya, Tiongkok, Sabtu, 21 Maret 2020, pun ditangguhkan. 
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif