Industri Otomotif

Penjualan City Car 'Rontok' Dihajar LCGC

Ainto Harry Budiawan 11 Juni 2018 09:19 WIB
mitsubishi
Penjualan <i>City Car</i> 'Rontok' Dihajar LCGC
Mitsubishi Mirage terpuruk disegmen city car. Dok. Medcom
Jakarta: Penjualan mobil perkotaan saat ini semakin sulit, segmen ini 'rontok' dihajar kehadiran low cost green car (LCGC). Padahal awalnya segmen ini membidik konsumen baru, keluarga muda, dengan day angkut lima orang.

Hal ini dikatakan Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), melalui keterangan pers yang masuk ke meja redaksi bersamaan dengan peresmian Mitsubishi Motors di Kenjeran, Surabaya.

"Sejak kehadiran LCGC segmen ini memang turun, meski ada kehadiran kompetitor yang cukup mendapat sambutan, tapi kemudian hanya sesaat saja," katanya. Konsumen yang jadi target city car pun banyak beralih menuju LCGC.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total city car yang terjual mencapai 13.320 unit (Januari-April). Sedangkan LCGC sudah mencapai 80.844 unit untuk periode yang sama.


Meski kalah dari LCGC, penjualan mobil perkotaan pada awal 2018 justru lebih baik dari tahun lalu. Angkanya 13.320 unit berbanding 8.716 unit. Suzuki Ignis dan Honda Brio jadi penguasa segmen ini.

Mitsubishi yang mengandalkan Mirage, penjualannya sejauh ini hanya 259 unit (Januari-April). Angka ini semakin menyusut dari periode yang sama tahun lalu, yang bisa mencetak 421 unit.



(UDA)