Tips Knowledge

Periksa Kaki-kaki Pasca Mudik, agar Mobil Tetap Nyaman

M. Bagus Rachmanto 21 Juni 2018 07:53 WIB
tips knowledge
Periksa Kaki-kaki Pasca Mudik, agar Mobil Tetap Nyaman
Cek berkala kaki-kaki mobil, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Ist
Jakarta: Bagi yang mudik menggunakan mobil pribadi, wajib memperhatikan kondisi kendaraannya ketika hendak mudik, agar prima dan siap menempuh perjalanan jauh. Namun jangan anggap sepele perawatan pasca mudik karena sangat penting, termasuk bagian kaki-kaki.

Menurut Entis mekanik sekaligus pemilik bengkel Cahaya Per di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, membagi pengalamannya mengenali gejala kerusakan di bagian kaki-kaki mobil, terutama setelah dipakai jalan jauh. Berikut beberapa bagian yang wajib dilakukan pengecekan.

Shockbreaker berfungsi untuk meredam guncangan. Bila shockbreaker sudah lemah (mati) akan menimbulkan bunyi 'bleduk' terutama jika melewati jalan bergelombang. Mobil juga akan terasa limbung terutama saat berbelok dengan kecepatan tinggi. Efek lainnya adalah shockbreaker yang rusak bisa membuat permukaan ban mobil habis tidak rata (bergelombang) dan benjol.


Tierod dan balljoint berfungsi sebagai pengikat roda dan meneruskan gaya belok dari kemudi. Bila rusak, kemudi mobil akan terasa kosong, tidak mempengaruhi arah mobil meski kemudi sudah diputar. Ini membuat mobil sulit dikendalikan sehingga tidak stabil saat anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.  Bunyi 'klutuk'  terdengar tipis dan terasa di stir. Kondisi ini juga mengakibatkan habisnya ban mobil bagian dalam.

Link stabilizer berfungsi sebagai penghubung stabilizer dengan collover shock atau lengan ayun. Apabila mengalami kerusakan dapat dideteksi dari bunyi terutama bila melewati jalan berlubang. Bunyi yang terdengar juga hampir sama dengan pada kerusakan di tierod dan balljoint.

Bushing berfungsi membantu pengendalian roda oleh kemudi. Bila rusak akan menyebabkan bunyi dan getaran terasa sampai ke setir. Pada saat berbelok setir mobil tidak akan  berbalik sendiri dan mengakibatkan ban mobil bergelombang serta benjol. Bunyi yang ditimbulkan bisa jadi tidak konsisten serta tidak begitu menonjol seperti bunyi benturan keras.

Lalu yang tak kalah pentingnya adalah kaki-kaki mobil, seperti kondisi ban, kampas rem,hingga tingkat kepresisian roda. Untuk kondisi ban, perlu diperhatikan jangan sampai terjadi benjolan yang bisa mengganggu kenyamanan ketika mengemudi. Jika memang ada benjolan, segera lakukan penggantian.

Begitu juga halnya dengan kampas rem alias brake pad. Biasanya perjalanan dengan beban penuh dalam kondisi perjalanan naik turun, memerlukan kinerja rem ekstra. Kemudian tingkat kepresisian roda harus tetap terjaga. Kalau perlu lakukan segera balancing dan spooring di bengkel terdekat. Jangan sampai terlambat dan mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360