Mobil balap Citroen C3 yang dimiliki Sean Gelael. IST
Mobil balap Citroen C3 yang dimiliki Sean Gelael. IST

Balap Mobil

Penyebab Para Pembalap Indonesia Sulit Menuju Kelas Dunia

Otomotif mobil balap balap mobil Rifat Sungkar Motorsport
Ekawan Raharja • 06 Desember 2021 09:00
Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara dengan basis penggemar motorsport terbesar di dunia. Sayangnya, besarnya basis penggemar motorsport ini tidak diimbangi dengan para pembalap Indonesia yang menembus standar kelas dunia.
 
Pereli Nasional, Rifat Sungkar, melihat insan motorsport Indonesia mampu menggulirkan kejuaraan balap dengan konsisten dan selalu ramai. Sayangnya  bibit-bibit yang bermunculan dari kejuaraan itu tidak dapat berkembang dengan baik. Salah satu penyebabnya karena sulit mendapatkan kendaraan balap yang dapat mengasah mereka menghadapi kejuaraan tingkat dunia. 
 
Hal kedua yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan perangkat keselamatan bagi pembalap. Tidak hanya yang menempel di badan pembalap, namun juga yang ada pada kendaraan balap, entah itu material maupun teknologinya.
 
“Motorsport itu olahraga yang sangat berbahaya, oleh karena itu diperlukan peralatan yang dapat melindungi pembalap dari risiko fatal,“ ujar Rifat melalui keterangan resminya.
 
Rifat mengaku merinding melihat rekaman kecelakaan yang dialami Sean Gelael dan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat berlomba di ajang Sprint Rally Meikarta. Menurutnya, keselamatan Sean dan Bambang Soesatyo dari kecelakaan parah itu tidak lepas dari canggihnya peralatan keselamatan yang ada di Citroen C3. Seperti kita tahu Citroen C3 itu didatangkan langsung dari luar negeri dengan perlengkapan keamanan yang mumpuni.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif