Maruti Suzuki persiapkan mesin diesel terbaru. Carwale
Maruti Suzuki persiapkan mesin diesel terbaru. Carwale

Generasi Mesin Diesel Terbaru Suzuki, Lebih Bertenaga?

Otomotif mesin diesel teknologi otomotif suzuki suzuki mobil
Ekawan Raharja • 14 Februari 2019 15:38
India: Pasar otomotif India merupakan salah satu lumbung penjualan mesin diesel di dunia. bahkan diketahui Maruti Suzuki sedang mengembang mesin diesel terbaru yang lebih bertenaga dibandingkan mesin diesel yang ada sekarang ini.
 
Menurut Indianautosblog, mesin ini memiliki kubikasi 1.498 cc empat silinder bertenaga 95,3 ps di putaran 4.000 rpm dan torsi 225 nm di kisaran 1.500 - 2.500 rpm. Mesin ini akan diberikan kode E15A DDiS 225 yang berarti 225 nm torsi maksimalnya.
 
Sebagai perbandingan, Honda City di India juga menggunakan mesin diesel. Merek asal Honda ini memberikan mesin 1.500 cc i-DTEC empat silinder bertenaga 100 ps di putaran 3.600 rpm dan torsi 200 nm di putaran 1.750 rpm. Tentu saja mesin diesel ini tidak pernah disematkan City yang ada di Indonesia karena Honda Prospect Motor memasarkan mesin diesel sekarang ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kembali kepada mesin E15A DDiS 225, standar emisi pun juga menjadi perhatian untuk pengembangannya. Para insinyur Maruti Suzuki mengatur standar emisi mesin diesel terbarunya dengan standar BS-IV yang sesuai dengan standar emisi di India. Kemudian di 2020, standar emisi ini akan dinaikan menjadi BS-VI sesuai dengan regulasi di tanah Hindustan tersebut.
 
Sebuah laporan juga menyebutkan kalau mesin ini tidak juga dipasangkan dengan fitur SHVS Mild-hybrid seperti yang ada di Ertiga Diesel. Holomogasi di India mencatat Ciaz dengan mesin ini memiliki konsumsi bensin mencapai 26.82 kilometer per liter. Sebagai perbandingan juga mesin mesin 1.500 cc i-DTEC milik City memiliki catatan konsumsi bahan bakar di 25,6 kilometer per liter.
 
Sebagai perbandingan juga, sekarang ini pabrikan berlogo S Prisma ini juga memiliki mesin diesel yang disematkan di Ertiga. Mesin dieselnya sekarang ini lebih ringkas karena berkubikasi 1.300 cc DDiS bertenaga 91,2 daya kuda dan torsi 200 nm dan hanya dikombinasikan dengan transmisi 5-percepatan manual.
 
Suzuki Indonesia sempat memasarkan Ertiga Diesel per Februari 2017. Cuma akhirnya mobil ini di stop per April 2018 karena sudah meluncur versi All New Ertiga.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif