Hyundai berinisiatif bangun pabrik besar di Indonesia. ilustrasi: MI/ARYA MANGGALA
Hyundai berinisiatif bangun pabrik besar di Indonesia. ilustrasi: MI/ARYA MANGGALA

Hyundai Segera Wujudkan Pabrik Besar di Indonesia?

Otomotif industri otomotif hyundai
Ahmad Garuda • 24 Desember 2018 13:04
Jakarta: Wacana tentang Hyundai bakal membangin pabrik di Indonesia memang sudah lama tersiar. Namun titik terangnya baru dibocorkan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate), Kementerian Perindustrian, Harjanto pertengahan pekan lalu.

Dilansir dari Reuters, dana investasi yang bakal dikucurkan pabrikan asal Korea itu tak kurang dari Rp12 triliun. Lebih mengejutkan lagi karena investasi yang cukup besar tersebut juga mencakup soal mobil listrik yang akan diproduksi di Indonesia.

Dalam keterangannya, alasan terbesar pabrikan berlogo H miring itu untuk membangun pabrik di Indonesia agar mengurangi ketergantungan dengan pasar terbesarnya yaitu Tiongkok. Apalagi setelah pabrikan saudaranya (Kia) mengalami masalah diplomasi soal produk lokal yang mereka pasarkan di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Alasan lainnya adalah soal kendaraan listrik yang mulai mendapat perhatian serius dari pemerintah Indonesia, lantaran negara ini mempunyai cadangan nikel laterit yang sangat banyak. Ini merupakan bahan baku pembuatan baterai lithium-ion yang ramah lingkungan, berkapasitas lebih besar dan sudah mulai banyak digunakan di mobil listrik modern. Apalagi beberapa stasiun pengisian listrik untuk mobil dan motor mulai diujicobakan di beberapa SPBU milik Pertamina. Tentu ini menjadi indikasi besar Indonesia siap berkomitmen mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Masih menurut Harjanto, bahwa kapasitas produksi pabrik yang bakal dibangun Hyundai tersebut adalah 250.000 unit mobil dalam setahun. Bahkan pembangunan pabrik tersebut bakal mengalokasikan kapasitas produksi sebesar 53 persen untuk pasar Asia Tenggara dan Australia, selebihnya (47 persen) untuk memenuhi kebutuhan di pasar domestik.

Saat dikonfirmasi ke pihak Hyundai Indonesia, mereka masih bungkam tentang rencana tersebut. Mungkinkah peresmian peletakan batu pertama bakal dilakukan pada semester pertama 2019 nanti? kita tunggu saja, semoga benar adanya.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi