Layanan purna jual kendaraan niaga ringan, penting menjangkau hingga pelosok. medcom.id/Ahmad Garuda
Layanan purna jual kendaraan niaga ringan, penting menjangkau hingga pelosok. medcom.id/Ahmad Garuda

Ketersediaan Komponen, Andalan Suzuki di Segmen Pikap

Otomotif mobil baru iims suzuki mobil IIMS 2019
Ahmad Garuda • 01 Mei 2019 08:43
Jakarta: Punya mobil jadul alias versi klasik sebuah kendaraan, ketakutan terbesarnya adalah soal ketersediaan komponen yang mungkin bisa dibilang sangat langka. Selain karena di bengkel resminya akan sangat sulit, juga soal jaminan atau garansi dari komponen yang dibeli di luar, tentu tak bisa dijamin.
 
Namun Suzuki mobil mungkin jadi salah satu pengecualian untuk mobil-mobil tipe klasik. Hal ini dituturkan langsung beberapa penggunanya saat mengobrol langsung dengan Medcom.id. Beberapa penggunanya cukup kaget lantaran komponen asli masih ada saja yang tersedia seperti diakui oleh Dang Sani Imansyah yang masih menggunakan Carry Pick-up ST20 produksi 1981.
 
"Awalnya saya berpikir untuk merawat mobil ini dan digunakan seperlunya saja untuk membuat komponennya lebih awet. Tapi ketika saya membawanya ke bengkel resmi, komponen apa pun yang diganti, pasti selalu tersedia. Sehingga untuk melakukan perawatan, tidak akan suit ya seperti mobil-mobil sekarang saja. Saya tetap melakukan perawatan seperti ganti oli, bahkan untuk perawatan ganti komponen yang lain. Semuanya masih dilayani langsung oleh bengkel resmi," klaim Dang Sani di booth Suzuki mobil di Telkomsel IIMS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soal layanan purna jual ini, juga diakui oleh 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra saat berbiara kepada Medcom.id. Ia menegaskan bahwa sisi purna jual semua produknya adalah yang utama. Terlebih untuk Carry yang selama ini jadi segmen yang mereka kuasai.
 
"Layanan purna jual untuk Carry ini sangat vital. Bukan hanya di perkotaan saja, namun jelas harus menjangkau wilayah urban. Sehingga mereka yang punya unit ini, tidak mengalami masalah dalam hal perawatan kendaraan. Hal itulah yang kami perkuat, juga agar mereka yang mempunyai unit merasa aman dan tetap percaya diri. Termasuk ketersediaan komponen pengganti," jelas Donny.
 
Hal lain yang membuat Carry cukup banyak dipilih, lantaran Suzuki memberlakukan pembelian komponen bisa dilakukan secara satuan sehingga biaya penggantian komponen bisa lebih murah. Menurut pengakuan Salam di Kota Makassar, bahwa ketika Ia melakukan servis kendaraannya, Ia bisa melakukan penggantian komponen yang mengalami kerusakan saja.
 
Contoh lainnya adalah soal penggantian panel rangka yang mengalami masalah. Itu bisa dilakukan juga per bagian. Tak harus melakukan penggantian secara menyeluruh. Sehingga tidak memakan biaya yang sangat besar. Apalagi di segmen kendaraan komersial ringan yang segala pengeluarannya dan operasionalnya diperhitungkan dengan detail lengkap.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif