Bus Trans Jawa resmi melayani penumpang dari Jakarta ke Semarang dan Solo. PMS
Bus Trans Jawa resmi melayani penumpang dari Jakarta ke Semarang dan Solo. PMS

Bus Trans Jawa Mulai Beroperasi

Otomotif transportasi
Ahmad Garuda • 15 Februari 2019 20:22
Jakarta: Kembalinya masyarakat menggunakan moda transportasi bus lantaran harga tiket kereta dan pesawat yang dianggap melonjak tinggi, membuat pemerintah mendorong bus trans Jawa tercipta. Hal ini pun diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan bersama PT. Putera Mulya Sejahtera bekerja sama dengan PT. United Tractors Tbk.
 
Berdasarkan keterangan yang diterima redaksi, rute yang mendukung program pemerintah untuk mewujudkan bus trans Jawa tersebut, saat ini baru melayani Jakarta – Semarang – Solo.
 
“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan sebelum mengoperasikan bus trans Jawa. Kami ingin membantu pemerintah untuk memperoleh informasi komprehensif soal kajian yang masih disusun dalam mempersiapkan rancangan umum transportasi. Tentunya dengan beroperasinya Tol Trans Jawa,” ujar Pimpinan PT. Putera Mulya Sejahtera (PMS), Kurnia Lesani Adnan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bus Trans Jawa Mulai Beroperasi
 
PMS juga sengaja mengisi jam keberangkatan pagi sebagai pilihan baru masyarakat naik bus ke Semarang dan Solo. Di pagi hari, belum ada bus jurusan Jakarta-Semarang-Solo yang beroperasi. Menurut pria yang akrab disapa Sani itu, mereka berharap dengan jadwal baru ini identifikasi terhadap kebutuhan masyarakat untuk angkutan bus AKAP bisa dilakukan.
 
“Kami mencoba market baru. Lantaran sekarang orang pergi untuk kepentingan bisnis atau wisata pun aksesnya sudah gampang, mengingat jarak tempuh semakin singkat antar kota di Jawa. Untuk memudahkan calon penumpang kami menggandeng RedBus sebagai agregator ticketing system. Ini memudahkan masyarakat karena aplikasinya bisa diunduh dan reservasi langsung."
 
Bus yang digunakan pun tentu bukan bekas bus double decker yang dimodifikasi. Melainkan bus double-decker Scania K410IB yang sebelumnya sudah diuji kenyamanannya.
 
Lebih heboh lagi karena biaya tiket saat ini ditawarkan cukup murah, yaitu Rp50 ribu untuk sekali perjalanan ke Semarang atau Solo. Apalagi ragam fasilitas yang bisa dinikmati.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi