Toyota hanya berhasil meraih 31 persen pangsa pasar di 2018. Toyota
Toyota hanya berhasil meraih 31 persen pangsa pasar di 2018. Toyota

Pasar Otomotif Kompetitif, Dominasi Toyota Berkurang di 2018

Otomotif toyota industri otomotif
Ekawan Raharja • 10 Januari 2019 14:04
Jakarta: Toyota tampaknya tidak bisa tersenyum lebar di 2018. Mengingat performa penjualan mereka selama 2018 tidak begitu menggembirakan.
 
Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, menerangkan share market mereka di sepanjang 2018 hanya sekitar 31 persen. Tentu saja angka ini turun dari performa 2017 yang mencapai 34 persen.
 
Dia menilai turunnya performa ini kerena pasar otomotif semakin kompetitif. Belum lagi salah satu tulang punggung penjualan mereka, Avanza, juga mengalami penurunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasar Otomotif Kompetitif, Dominasi Toyota Berkurang di 2018
 
"Market share kami di 2018 31-an persen, dibanding 2017, ini turun hampir 5 persen. Karena di 2018 banyak pemain-pemain baru, jadi lebih banyak pilihan ke konsumen," ujar Henry di Bluegrass menjawab pertanyaan awak media.
 
Avanza menjadi salah satu model yang cukup banyak mengalami penurunan penjualan. Data mereka menunjukan volume penjualannya di 2018 hanya 82.167 unit, sedangkan 2017 mencapai 116 ribu unit.
 
"Target kami tahun ini minimal bisa menyamai apa yang sudah dicapai tahun ini."
 
Tapi target ini tidak akan mudah. Mengingat Mitsubishi dengan varian produk terbarunya yaitu Xpander juga getol melakukan promosi pemasaran. Apalagi saat ini permintaan produk mereka mulai stagnan, tidak bergerak ke arah yang lebih tinggi lagi. Tentu hal ini menjadi perhatian khusus pabrikan berlogo tiga berlian itu.
 
Belum lagi tawaran dari pemain brand Tiongkok seperti Wuling dan DFSK. Meski baru hanya Wuling yang menawarkan produk di kategori MPV dan Low MPV, namun ini juga akan jadi solusi bagi mereka yang mencari mobil murah, fitur kekinian hingga, desain yang menawan. Sekarang ini, Toyota masih unggul di sistem layanan purna jual seluruh Indonesia. Jadi mau tidak mau, ini akan jadi kekuatan mereka selain update produk terbaru.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif