SUV cocok untuk berbagai keperluan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
SUV cocok untuk berbagai keperluan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Sejumlah Keunggulan SUV yang Disukai Orang Indonesia

Otomotif mercedes-benz industri otomotif
Ekawan Raharja • 18 Januari 2020 08:00
Jakarta: Pertumbuhan mobil model sport utility vehicle (SUV) memang terjadi di skala global, dan termasuk juga di Indonesia. Bahkan Mercedes-Benz merasakan manisnya penjualan SUV di tanah air karena model ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan model lainnya.
 
Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, menjelaskan kalau SUV memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan model lainnya seperti multi purpose vehicle (MPV) atau sedan. Menurutnya kendaraan ini bisa menjadi representasi berbagai kegiatan masyarakat di Indonesia, apalagi kontur jalanan di Indonesia juga bermacam-macam.
 
"Apalagi SUV Mercedes-Benz, mau kondangan bisa, rapat bisa, buat liburan bersama keluarga juga bisa. Jadi lebih berbagai macam tujuan," ungkap Hari Arifianto Kamis (16/1/2020) di Kawasan Ciawi Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalau melihat melalui data penjualan, SUV asal Jerman ini kian menjadi pilihan bagi orang kaya di Indonesia. Terbukti belakang pangsa pasar penjualan SUV terus tumbuh terhadap total jualan Mercedes-Benz dari waktu ke waktu. "Tahun sebelumnya 2018 di angka 28-29 persen, tahun 2019 kemarin sudah di angka 31 persen."
 
Kalau melihat tren di pasar global, model SUV kini kian diminati oleh berbagai merek otomotif di seluruh negara. Bahkan Lamborghini yang terkenal dengan sedan kencangnya, kini juga mulai bermain di segmen SUV melalui Urus dan merasakan juga manisnya penjualan model itu.
 
"Kalau kita lihat tren global memang larinya ke SUV. Bahkan kalau teman-teman perhatikan, produsen yang dulu istilahnya haram kalau masuk ke SUV bikin juga akhirnya. Jadi kita nggak bisa pungkiri," ujar Hari.
 
Sekarang ini, hampir seluruh merek mobil di Indonesia menawarkan model SUV sebagai andalan jualannya. Bahkan merek mobil asal Tiongkok, DFSK, hingga saat ini hanya memiliki model SUV untuk kendaraan penumpang yang mereka tawarkan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif