Honda Civic Type R dipacu di Sirkuit Mandalika. Honda
Honda Civic Type R dipacu di Sirkuit Mandalika. Honda

Ini Syarat dari FIA Biar Sirkuit Mandalika Bisa Gelar Balapan Mobil

Ekawan Raharja • 17 Juli 2023 13:10
Jakarta: Sirkuit Mandalika hingga saat ini masih diperuntukan bagi balapan sepeda motor kelas dunia. Agar bisa menggelar balapan kelas dunia, ada sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan.
 
Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, menyebutkan ada beberapa aspek dari pihak Federation Internationale de l'Automobile (FIA) yang harus dipenuhi oleh pihak pengelola sirkuit. Aspek-aspek ini harus dipenuhi karena menjadi bagian dari standar keselamatan balapan mobil.
 
"Akhir tahun lalu, sirkuit ini (Mandalika) sudah didatangi pihak FIA utk pre-inspection, mereka menarik kesimpulan ada sekitar beberapa list yang harus kita benahi selaku pengelola, sebagai syarat agar bisa digunakan untuk ajang balap mobil Internasional," buka Andhi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu
Meski demikian, Andhi menyebutkan, untuk penyesuaian yang perlu dilakukan bukan hal sangat besar. 
 
Baca Juga:
Mengapa Mobil Hidrogen Kalah dengan Mobil Listrik? Ini Analisanya

 
"Pertama, soal barrier atau ban pembatas yang semula membentuk pola vertikal kita harus ubah jadi horizontal. Itu hal yang tidak terlalu sulit untuk kami. Setelah itu, kami juga harus membuat ulang marka starting grid baru agar bisa digunakan mobil," bebernya.
 
Menurutnya, sirkuit ini sudah memenuhi aspek keselamatan untuk balap motor Internasional dengan unsur safety yang tinggi. "Run-off-nya besar dan lebar menurut penilaian dari pihak FIM dan Dorna, mungkin untuk menciptakan keseruan di trek," ujar Andhi.
 
"Namun semua itu harus kita perhitungkan, karena ada kontra yang mengakibatkan lintasan yang terlalu lebar, sehingga pembalap kerap memanfaatkan sisi kerb untuk berkompetisi, hal itu tidak dilarang, namun jika kita buat untuk mobil dengan speed bump, akan berbahaya untuk balap motor," tutupnya.
 
Tentu saja kehadiran balap mobil kelas dunia di Sirkuit Sentul akan menambah gairah motorsport di dalam negeri. Sebut saja Le Mans, GT3, atau Formula 1 bisa menjadi tujuan penyelenggaraan balap mobil Sirkuit Mandalika di masa depan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif