Tips Knowledge

Mengenali Teknik Pengereman Mobil Non ABS

Abdul Halim Ahmad, M. Bagus Rachmanto 23 September 2018 10:00 WIB
tips knowledge
Mengenali Teknik Pengereman Mobil Non ABS
Teknik pengereman yang tepat penting dilakukan pada mobil non ABS. ADM
Jakarta: Keamanan berkendara dianggap hal penting dan jadi fokus utama Daihatsu berbagi edukasi defensive driving bersama Sahabat Klub Daihatsu, bertajuk “Daihatsu Club Auto Clinic 2018”. 

Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini melibatkan 80 peserta, yang berasal dari klub pengguna Daihatsu, diantaranya klub Gran Max Luxio Club Indonesia (MAXXIO), Calya Sigra Club (CALSIC), Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) dan Daihatsu Zebra Club (ZEC).

Sharing diskusi diiisi dengan sesi teori dan praktek. Yang menarik, pada sharing ini disampaikan tentang teknik pengereman mobil non anti-lock breaking system (ABS)  yang aman dan tepat. Berikut teknik yang dapat digunakan pada kendaraan non ABS


Teknik Treshold. Pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90 persen (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih dapat dibelokkan.

Teknik stab, pengereman ini sangat disarankan untuk kendaraan yang masih menggunakan drum brake/tromol, yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan, teknik ini juga dapat mencegah ban mengunci. Tiap sebelum melakukan teknik ini, disarankan perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli dibidangnya.

Teknik Squeeze. Teknik pengereman ini mirip dengan pengereman stab, yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan.

“Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan
kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat,” pungkas Coordinator People Development Department – CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor, dalam ketarerangan tertulisnya beberapa waktu lalu.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id