Setiap kendaraan listrik harus memiliki suara setidaknya 50 desibel, dan tidak menyerupai beberapa suara seperti suara hewan, sirene, klakson, dan musik. Mecedes-Benz
Setiap kendaraan listrik harus memiliki suara setidaknya 50 desibel, dan tidak menyerupai beberapa suara seperti suara hewan, sirene, klakson, dan musik. Mecedes-Benz

Wajib Pakai Suara, Syarat Lolos Uji Tipe Mobil Listrik?

Otomotif mobil listrik regulasi otomotif
Ekawan Raharja • 23 Mei 2019 08:19
Jakarta: Pemerintah terus mempersiapkan regulasi kendaraan listrik di berbagai aspek. Bahkan untuk proses homologasi juga dipersiapkan mengingat ada sejumlah perbedaan antara mobil listrik dengan mobil berteknologi pembakaran dalam (internal combustion engin/ICE).
 
Salah satu aspek yang diuji saat homologasi adalah mengenai suara kendaraan. Disebutkan mobil listrik harus memiliki suara dengan desible tertentu agar bisa lolos proses homologasi.
 
"Kalau saat pengujian nanti ada (perubahan proses homologasi mobil listrik), karena harus ada uji baterai terus uji kebisingan. Kita minta harus ada suara," ungkap Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perhubungan, Dewanto Purnacandra, Selasa Malam (21/5/2019) di Menteng Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentu saja untuk mobil listrik memang memilki suara lebih senyap dibandingkan mobil ICE. Karena mobil listrik menggandalkan motor listrik yang minim suara, berbanding terbalik dengan mobil konvensional yang memiliki mesin yang berproses pembakaran dan menghasilkan suara.
 
Wajib Pakai Suara, Syarat Lolos Uji Tipe Mobil Listrik?
 
Untuk mengakomodir hal tersebut, pemerintah akan terus melengkapi fasilitas balai uji kendaraan di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.
 
"Nanti di tambah fasilitasnya, untuk uji baterai, nambah uji kebisingan," jabar Dewanto Purnacandra.
 
Mobil listrik harus mengikuti peraturan pemerintah yang mengatakan setiap kendaraan harus mengutamakan keselamatan. Seperti yang tertuang di Peraturan Menteri Perhubungan No 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, pasal 23 Ayat 3.
 
Lebih lanjut, masih dipasal yang sama, ukuran desibel suara kendaraan juga sudah ditetapkan. Setiap kendaraan listrik harus memiliki suara setidaknya 50 desibel, dan tidak menyerupai beberapa suara seperti suara hewan, sirene, klakson, dan musik.
 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif