NEWSTICKER
Suzuki XL7. Medcom.id/Ekawan Raharja
Suzuki XL7. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Baru

Rangka dan Mesin Sama, XL7 Ternyata Lebih Boros dari Ertiga

Otomotif mobil baru suzuki mobil
Ekawan Raharja • 17 Februari 2020 09:35
Bogor: XL7 merupakan mobil keluarga terbaru dari Suzuki yang mengambil basis dan mesin serupa dengan Ertiga. Meski sama-sama menggunakan sasis Heartect dan mesin K15B, nyatanya mobil yang mereka klaim sebagai compact SUV ini memiliki efisiensi yang lebih boros dibandingkan saudaranya tersebut.
 
4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra, tidak menampik bahwa XL7 memiliki konsumsi bahan bakar sedikit lebih boros dari Ertiga. Namun dia mengklaim konsumsi ini masih dalam kategori irit, dan tidak berbeda jauh.
 
"Hasil pengujian kami, BBM (bahan bakar minyak) XL7 17,78 kilometer per liter (KPL) untuk transmisi otomatis, sedangkan untuk Ertiga 16,43 KPL untuk matik juga. Kalau untuk manualnya, saya lupa," ungkap Dony di Kebun Raya Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dony menjelaskan perbedaan ini tidak terlepas dari sejumlah perbedaan antara XL7 dan Ertiga. Bahkan dia mengklaim, XL7 ini bukanlah Ertiga meski menggunakan sasis dan mesin yang sama.
 
"Terdapat 211 perbedaan komponen yang saya tidak bisa sebutkan. Perbedaan banyak, seperti ECU, setup mesin, desain tangki bensin berbeda, kemudian center of gravity mobil ini juga berbeda. Ada banyak yang tidak bisa saya sebutkan," ungkap Dony Saputra.
 
Selain itu, yang paling berpengaruh dari itu semua adalah masalah bobot, XL7 memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan Ertiga. Meski dia tidak ingat detail bobotnya, dia menjelaskan Ertiga memiliki bobot yang sedikit lebih ringan.
 
Nah kira-kira anda suka model yang mana?Kalau secara harga, XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta dan Ertiga dibanderol mulai dari Rp205 juta (on the road DKI Jakarta).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif