Kegiatan ini berupa aktivitas pendidikan Vokasi yang bersifat mempertemukan antara lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri. Yamaha
Kegiatan ini berupa aktivitas pendidikan Vokasi yang bersifat mempertemukan antara lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri. Yamaha

Dukung Program Pemerintah, Industri Otomotif Galakkan Vokasi

Otomotif toyota industri otomotif yamaha kementerian perindustrian
Ekawan Raharja • 19 Maret 2019 10:03
Sukabumi: Pemerintah terus menggungkan industri 4.0 sebagai salah satu masa depan Indonesia. Selain meningkatkan fasilitas produksi yang kini semakin canggih dengan penggunaan teknologi robotik, sumber daya manusia (SDM) juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan.
 
Pemerintah mencoba meningkatkan SDM Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan Industri 4.0 dengan menggelar acara Program Pendidikan Vokasi Industri di Jawa Barat. Kegiatan ini berupa aktivitas pendidikan Vokasi yang bersifat mempertemukan antara lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri. Hal tersebut sejalan dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi khususnya pada sektor industri.
 
"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan nasional saat ini difokuskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Maka perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif,” jelas Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dukung Program Pemerintah, Industri Otomotif Galakkan Vokasi
 
Salah satu sektor industri yang akan berpengaruh terhadap pengembangan industri 4.0 adalah sektor industri otomotif. Kegiatan Program Pendidikan Vokasi Industri di Jawa Barat juga mendapatkan dukungan yang cukup kuat dari beberapa produsen otomotif yang ada di tanah air.
 
Mulai dari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) yang memberikan dukungan melalui donasi sejumlah 129 unit sepeda motor dan 86 mesin kepada 43 SMK. Direktur Produksi PT YIMM, Teddy Cahyadi, menjelaskan donasi ini adalah bentuk transfer teknologi kepada pelajar SMK agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan dengan teknologi otomotif sepeda motor yang ada sekarang.
 
“Penyerahan donasi ini merupakan wujud nyata Yamaha Indonesia dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia sesuai dengan kebutuhan dunia industri saat ini. Kedepannya Yamaha Indonesia akan terus melanjutkan kerjasama dengan berbagai SMK dan melakukan pembinaan kepada mereka melalui transfer of knowledge terkait teknik dan bisnis sepeda motor,” ucap Teddy Cahyadi melalui keterangan resminya.
 
Dukung Program Pemerintah, Industri Otomotif Galakkan Vokasi
 
Selain itu, Toyota Indonesia juga ikut serta di program ini dengan menghibahkan lima unit mobil dan lima unit mesin sebagai alat bantu praktikum ke lima SMK. Selain itu, pabrikan nomor satu di Indonesia ini juga memberikan kontribusi kepada para pengaharnya melalui penyerahan simbolik berupa sertifikasi kepada 30 guru dan 6 SMK yang menjadi sekolah binaan Toyota di Jawa Barat.
 
"Selain dalam bentuk fasilitas berupa hibat alat peraga pendidikan, Toyota juga turut aktif dalam revitaslisasi program vokasi pendidikan dengan memberikan leatihan bersertifikasi bagi para pengajar dan kelas budaya industri. Ke depannya, pengembangan kurikulum akan menjadi fokus kami," ungkap Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.
 
Bob Azam juga berencana kurikulim yang tersedia di Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) akan dikembangkan sehingga bisa diadopsi oleh SMK. Diharapkan dengan sejumlah dukungan dari pelaku usaha industri otomotif, lulusan SMK mendapatkan pembekalan terampil yang kekininian sehingga dapat langsung diserap oleh dunia kerja.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif