Mitsubishi Coret Carlos Ghosn dari Posisi Chairman
Carlos Ghosn ditangkap kepolisian Jepang karena masalah kecurangan pelaporan keuangan. Carscoops
Jepang: Mitsubishi Motors membuat keputusan yang senada dengan Nissan, yakni mengumumkan penghapusan Carlos Ghosn dari posisi chairman/ketua. Hal ini tidak terlepas dari kasus manipulasi laporan pendapatan dan penggunaan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Dilaporkan Carscoops, CEO Mitsubishi, Osamu Masuko akan menggantikan sementara posisi chairman yang sebelumnya diisi Ghosn. Dengan begitu, perusahaan yang tergabung dalam aliansi Renult-Nissan-Mitsubishi ini tinggal menunggu sikap Renault untuk memberhentikan Ghons sebagai ketua dan CEO. 

Selanjutnya bos dari ketiga aliansi dikabarkan akan bertemu di Amsterdam, Belanda, pekan ini. Selain membicarakan nasib Ghosn, agenda pertemuan juga akan membahas tentang dampak buruk, serta langkah untuk menjaga kinerja aliansi.

Analis memprediksi, dengan diberhentikannya Ghosn dari posisi ketua, akan ada perebutan kekuasaan antara Nissan dan Renault. 


Dalam struktur aliansi, produsen mobil Jepang merupakan mitra junior, meskipun penjualannya hampir 60 persen lebih besar dari Renault. Diketahui produsen mobil Perancis, Renault memiliki 43 persen saham Nissan, sementara produsen Jepang memegang 15 persen saham non-voting di Renault.

Menurut media Jepang, Ghosn membantah tuduhan pelanggaran itu. Padahal diketahui Ghosn merupakan salah satu dalang kebangkitan Nissan di 2000 ketika diambang kebangkrutan. Bahkan di bawah tangan dinginnya, Nissan menjadi salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id