Panel dashboard Mercedes-Benz Type 300 Cabriolet D. Mercedes-Benz
Panel dashboard Mercedes-Benz Type 300 Cabriolet D. Mercedes-Benz

Sejarah Otomotif

Evolusi Radio Mobil dari Waktu Ke Waktu, Sudah 100 Tahun

Otomotif teknologi otomotif mercedes-benz Sejarah Otomotif
Ekawan Raharja, Media Indonesia.com • 12 Juli 2021 11:00
Stuttgart: Head unit yang ada di mobil sekarang ini lebih dari sekadar radio untuk menghibur dan sudah dilengkapi dengan fitur perintah suara. Namun tahukah kamu bagaimana perkembangan radio di mobil dari waktu ke waktu?
 
Mercedes-Benz membeberkan bagaimana evolusi radio yang ada di mobil, dan ini sudah ada sejak 100 tahun lalu. Menurut Mercedes-Benz, radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an di Amerika Serikat sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pecinta teknologi dan berkembang hingga Eropa.
 
Sebuah artikel yang terbit pada 13 Agustus 1922 di surat kabar 'Berliner Illustrierte Zeitung' melaporkan tentang 'nirkabel sebagai hobi – mode terbaru di Amerika'. 
 
Gairah penerimaan radio pun muncul dan tumbuh dengan cepat: majalah spesialis Jerman 'Funkschau' menulis pada 1 Juni 1931: "Tanpa diragukan lagi: mobil dan radio adalah pasangan yang sempurna. Kecepatan di mana kendaraan memungkinkan perubahan lokasi dilengkapi dengan kebebasan spasial radio".
 
Akhirnya radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch yang diberi nama Auto Super 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke (yang juga memperkenalkan nama merek Blaupunkt di tahun itu). Perangkat ini memiliki bobot 15 kilogram dengan harga mencapai 465 Marks. Harga yang begitu mahal dianggap wajar saat itu mengingat radio mobil merupakan konsumsi orang kaya, dan merupakan peralatan opsional yang sangat eksklusif di sebagian besar mobil mewah.
 
Halaman Selanjutnya
  Pada saat itu radio…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif