Pertamina pastikan bahan bakar Biodiesel (B20) tersedia mulai 1 September 2018. Dok Medcom.id
Pertamina pastikan bahan bakar Biodiesel (B20) tersedia mulai 1 September 2018. Dok Medcom.id

BBM Biodiesel Siap Dijual Hari Ini

Otomotif pertamina bahan bakar gas
Ahmad Garuda • 01 September 2018 06:29
Jakarta: Keinginan pemerintah menggalakkan penggunaan bahan bakar minyak yang lebih ramah lingkungan dan standarisasi yang lebih tinggi, mulai diwujudkan. Bahan bakar biodiesel atau B20 dipastikan mulai tersedia di beberapa SPBU yang disiapkan oleh Pertamina.
 
Direktur Utama PT Pertamina (persero) menegaskan distribusi B20 mulai 1 September dipastikan aman. Lantaran separuh dari terminal BBM mampu menyalurkan B20 ke seluruh SPBU.
 
"Tentang kesiapan, Pertamina punya 112 TBBBM, 60 TBBM sudah siap dan 52 lagi tengah dipersiapkan. Jadi intinya kami siap. Kemudian kami sudah memherikan data kebutuhan fame per TBBM per bulan, lokasi dan seluruhnya. Maka dengan begitu implementasi bisa berjalan lancar," terang Nicke saat menghadiri peluncuran mandatori B20 di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Jumat (31/8/2018)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Pertamina juga akan melakukan digitalisasi pompa bensin di seluruh SPBU. Sebelumnya audit penyaluran BBM dilakukan manual. Diharapkan dengan digitalisasi, potensi penyalahgunaan bisa langsung dihilangkan.
 
"Dengan digitalisasi kita bisa monitoring lewat gadget semua data penyerapan BBM di semua SPBU kita dan juga bisa memastikan keterseidaan BBM," tutupnya.
 
Dengan tersedianya bahan bakar yang lebih ramah lingkungan ini, tentu ada harapan nantinya bahan bakar yang terbarukan semakin banyak. Tentu dengan kandungan bahan yang terbarukan semakin banyak pula. Sehingga penggunaan minyak fosil secara berlebihan bisa dikurangi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif