Kemenperin meminta industri otomotif untuk memproduksi ventilator dan barang-barang lainnya yang diperlukan rumah sakit (RS) dalam penanganan virus corona baru (COVID-19). Alibaba
Kemenperin meminta industri otomotif untuk memproduksi ventilator dan barang-barang lainnya yang diperlukan rumah sakit (RS) dalam penanganan virus corona baru (COVID-19). Alibaba

Industri Otomotif

Pemerintah Dorong Produsen Otomotif Produksi Alat Kesehatan

Otomotif korupsi alat kesehatan industri otomotif Virus Korona virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 31 Maret 2020 11:01
Jakarta: Tingginya terhadap sejumlah alat kesehatan yang digunakan untuk melawan virus korona, membuat pemerintah memutar otak untuk pengadaannya. Salah satu cara yang bisa saja menjadi solusi adalah mendorong sejumlah industri juga turut memproduksi alat kesehatan.
 
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, bahkan secara gamblang meminta industri otomotif turut memproduksi sejumlah alat kesehatan. Para produsen otomotif Tanah Air diminta untuk memproduksi alat kesehatan seperti ventilator atau alat bantu pernapasan.
 
“Untuk supply ventilator, akan dibuat prototipe sederhana yang dapat diproduksi massal melalui kerja sama antara industri otomotif dengan industri komponen,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita disitat dari situs resmi Kementerian Perindustrian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demi memuluskan permintaan tersebut, pemerintah telah menerbitkan stimulus ekonomi kedua berupa pembebasan sementara bea masuk bahan baku industri, kemudahan proses importasi bahan baku, serta penjaminan ketersediaan pasokan pangan strategis. Hal ini dilakukan agar bisa mempermudah sektor industri untuk terus berproduksi di tengah masa sulit ini.
 
Langkah ini memang sedikit banyak meniru sejumlah produsen otomotif yang melakukan diverensiasi produksi dengan memproduksi sejumlah kebutuhan alat kesehatan. Sebut saja Ford, General Motors, dan Toyota mengambil langkah untuk memproduksi ventilator. Kemudian ada juga FCA dan Hyundai yang mengambil langkah memproduksi masker dengan jumlah masif untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri asalnya dan beberapa negara lainnya.
 
Jadi pabrikan mana yang akan pertama kali mengambil inisiatif memproduksi alat kesehatan? Hai Industri otomotif nasional!
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif