Toyota Corolla Cross hybrid dibanderol di bawah Rp 500 juta. Toyota
Toyota Corolla Cross hybrid dibanderol di bawah Rp 500 juta. Toyota

Mobil Listrik

Mobil Hybrid Termurah Toyota Diluncurkan, Tak sampai Rp500 Juta

Otomotif toyota mobil baru mobil listrik
Ekawan Raharja • 06 Agustus 2020 13:21
Jakarta: Akhirnya Toyota secara resmi meluncurkan All New Corolla Cross dan menambah lini mobil hybrid mereka di Indonesia. Bahkan model ini menjadi model hybrid termurah yang ditawarkan karena harganya berada di bawah Rp 500 juta.
 
Raksasa otomotif asal Jepang ini menawarkan Corolla Cross hybrid dengan harga Rp 497,8 juta (on the road DKI Jakarta). Tetapi jika ingin membeli varian bermesin konvensional juga disediakan dengan harga Rp 457,8 juta (on the road DKI Jakarta).
 
Sebagai perbandingan saja, di atas Corolla Cross Hybrid masih terdapat C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid yang dipasarkan di atas Rp 500 juta. Secara rinci, C-HR Hybrid dipasarkan mencapai Rp 546,2 jutaan dan Corolla Altis Hybrid dengan banderol Rp 586,2 jutaan (on the road DKI Jakarta).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mobil Hybrid Termurah Toyota Diluncurkan, Tak sampai Rp500 Juta
 
Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan bahwa saatnya Hybrid sekarang ini menjadi salah satu tren dunia otomotif, termasuk di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan dan lingkungan, sehingga mobil hybrid kini menjadi salah satu pilihan yang dipertimbangkan.
 
“Adanya Covid-19 ini kian menjadikan masyarakat lebih peduli atas pentingnya kesehatan yang salah satunya juga dapat mempengaruhi pemilihan mobil untuk menunjang mobilitas, dan merujuk kepada mobil ramah lingkungan untuk berkontribusi menghadirkan lingkungan yang sehat di masa depan berkat emisi gas buang rendah dan irit bahan bakar. Dan itu bisa dipenuhi oleh kendaraan elektrifikasi dimana Toyota menyediakan opsi mesin HEV (hybrid Electric Vehicle) di All New Corolla Cross,” kata Anton Jimmi Suwandy Kamis (6/8/2020) di momen peluncurannya.
 
Anton Jimmi Suwandy bahkan mengklaim teknologi Hybrid memang lebih ramah lingkungan dari segi emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar. Dia membeberkan untuk emisi gas buangnya lebih rendah 60 persen dibandingkan mesin konvensional, dan efisiensi bahan bakarnya 50 persen lebih irit.
 
Mobil Hybrid Termurah Toyota Diluncurkan, Tak sampai Rp500 Juta
 
Corolla Cross Hybrid di Indonesia menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 142 Nm, dibantu motor listrik 1NM AC Synchronous 72 hp dengan torsi 163 Nm. Toyota Indonesia memang tidak mengeluarkan klaim efisiensi bahan bakarnya, tetapi untuk di pasar Thailand bisa menembus 23.3 kilometer per liter.
 
Sebagai perbandingan Corolla Cross mesin konvensional didukung mesin 1.800 cc dengan tenaga 140 PS @ 6.000 rpm dan torsi 177 Nm @ 4.000 rpm. Catatan konsumsi bahan bakarnya di Thailand menembus 15,4 kilometer per liter.
 
“All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan ever better cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond," ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, di kesempatan yang sama.
 
Kehadiran lini mobil hybrid yang cukup banyak oleh Toyota diharapkan bisa memacu merek-merek lain juga memasarkan teknologi serupa atau bahkan yang lebih canggih. Tercatat untuk sekarang ini masih minim merek-merek mobil yang menawarkan mobil berteknologi hybrid dan di atasnya, baru merek Hyundai, Mitsubishi, dan BMW yang sudah meniagakan mobil berbasis teknologi listrik.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif