Jokowi menjadi saksi Hyundai memberikan investasinya di Indonesia. Hyundai
Jokowi menjadi saksi Hyundai memberikan investasinya di Indonesia. Hyundai

Industri Otomotif

Jokowi: Pabrik Baru Hyundai Dibangun 2020

Otomotif industri otomotif hyundai
Ekawan Raharja • 27 November 2019 16:32
Seoul: Hyundai Motor Company mengumumkan telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan pemerintah Indonesia untuk membangun pusat manufaktur pertama yang berbasis di kawasan ASEAN. Bahkan di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), merek asal Korea Selatan itu janji akan mulai membangun pabrik pada 2020.
 
Hal ini dipastikan oleh Jokowi melalui akun resmi Instagramnya yang hampir mendapatkan 350 ribu likes per 16.00 WIB pada Rabu (27/11/2019). Dia memastikan raksasa otomotif asal Korea Selatan itu akan membangun pabrik pada Januari 2020.
 
"Raksasa otomotif Korea Selatan ini memang akan membangun pabrik di daerah Cikarang, Jawa Barat pada Januari 2020. Nilai investasinya sekitar USD1,5 miliar yang akan menyerap 3.500 tenaga kerja," tulisnya di akun @Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kehadiran Jokowi ke Negeri Gingseng itu juga bertepatan dengan acara KTT ASEAN-Republic of Korea di Busan. Kemudian dia pun menyempatkan berkunjung ke pabrik Hyundai Motor Company di Ulsan. "Di sini, saya sempat menonton video rencana pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia, dan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara pemerintah RI dengan Hyundai Motor Company," tulisnya juga.
 
Menurut keterangan resmi Hyundai, pabrik ini akan memulai produksi komersial paruh kedua tahun 2021, dengan kapasitas tahunan sekitar 150 ribu unit. Pabrik ini nantinya pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya.
 
Induk dari Kia dan Genesis ini juga akan bermitra dengan pemasok lokal, mengharapkan untuk dapat menciptakan lebih dari 23 ribu lapangan kerja baru baik secara langsung maupun tidak langsung di pabrik Indonesia ini, yang akan menjadikannya salah satu perusahaan otomotif terbesar di Kota Deltamas. Pabrik ini diperkirakan dapat memberikan kontribusi ekonomi senilai lebih dari USD20 miliar selama satu dekade pertama sejak pabrik ini didirikan.
 
Pabrikan asal Korea Selatan ini berencana untuk memproduksi SUV kompak, MPV kompak, dan model sedan yang dirancang khusus untuk pelanggan di pasar Asia Tenggara di pabrik baru Indonesia ini, yang juga akan menggabungkan fasilitas untuk stamping, pengelasan, pengecatan dan perakitan.
 
Selain itu, merek ini juga menjajaki produksi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) kelas dunia di pabriknya di Indonesia. Hyundai berkomitmen untuk membantu mengembangkan ekosistem EV Indonesia, berkontribusi pada kualitas hidup masyarakat melalui kepemimpinannya dalam teknologi mobilitas bersih. Bersama dengan perusahaan afiliasinya, Kia Motors Corporation, Hyundai bertujuan untuk menjadi produsen EV ketiga terbesar di dunia pada tahun 2025.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif