Beberapa pabrikan mobil sudah mempersiapkan SPLU di Indonesia. Mercedes-Benz
Beberapa pabrikan mobil sudah mempersiapkan SPLU di Indonesia. Mercedes-Benz

Pengembangan SPLU, Baiknya Diserahkan ke Swasta

Otomotif industri otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 28 Januari 2019 10:10
Jakarta: Produsen mobil di Indonesia saat ini masih banyak yang menahan kehadiran mobil listrik di tanah air. Mereka masih menanti berbagai kesiapan sebelum bisa menjajakan mobil ramah lingkungan tersebut.
 
Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, menjelaskan para produsen mobil masih menunggu aba-aba dari pemerintah. Setidaknya untuk memasarkan mobil listrik di Indonesia, para produsen ini menanti regulasi, tarif perpajakan, dan infrastruktur.
 
"Mengenai mobil listrik kami menunggu Peraturan Presiden (Peppres), tarif perjajan, dan masalah infrastuktur. Jadi tiga hal ini kami tunggu dan diterjemahkan," ujarnya di Nine Thamrin Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria yang juga memiliki dealer Mercedes-Benz ini juga menekankan bahwa kesiapan infrastuktur sangat penting, khususnya menyoal stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Dia menyarankan agar masalah SPLU ini cepat teratasi, sebaiknya pengadaanya dilakukan oleh pihak-pihak swasta.
 
Pengembangan SPLU, Baiknya Diserahkan ke Swasta
 
"Gaikindo sudah memberikan banyak masukan, SPLU jangan diberikan kepada pemerintah. Serahkan ke swasta, berikan kepada hotel, pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran," sambung Jongkie.
 
Jongkie mengandaikan setiap gedung-gedung tersebut memberikan satu persen lahan parkir untuk dipasangi SPLU, maka akan banyak lokasi yang tersedia. Keberadaan SPLU juga bisa menjadi daya tarik atau sarana promosi untuk konsumen-konsumen mereka.
 
"SPBU juga dilengkapi dengan SPLU. Misalkan ada 1.000 meter persegi, dan minta dipasang satu. Konsumen yang tidak membeli bensin, jadi bisa membeli juga listrik untuk melakukan pengecasan mobilnya, lumayan misalkan 30-60 menit pengecasan."
 
Sekarang ini memang sudah ada beberapa SPLU yang ada di Indonesia. Misalkan Mercedes-Benz membuat parkiran khusus mobil listrik di Plaza Indonesia Jakarta, atau BMW dengan memberikan satu alat pengecasan mereka di SPBU Kuningan Jakarta.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif