Mungkinkan mobil listrik Hyundai Ioniq ini bakal diproduksi di Indonesia? WhichCar
Mungkinkan mobil listrik Hyundai Ioniq ini bakal diproduksi di Indonesia? WhichCar

Hyundai Indonesia Tutup Mulut Soal Pabrik dan Mobil Listrik

Otomotif industri otomotif mobil listrik hyundai
Ahmad Garuda • 24 Desember 2018 15:25
Jakarta: Pernyataan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate), Kementerian Perindustrian, Harjanto pertengahan pekan lalu soal investasi pabrik dan mobil listrik di Indonesia, belum dipastikan oleh Hyundai Mobil Indonesia. Pernyataan yang dikutip dari Reuters itu, justru direspon 'dingin' APM-nya.

Beberapa waktu lalu saat berbicara kepada Medcom.id, Hyundai Mobil Indonesia (HMI) memberikan pandangan tentang rencana pembangunan pabrik besar di Indonesia. Namun tentang alokasi produksi mobil listrik, mereka tak memberikan konfirmasi apa-apa.

"Officially dari Hyundai Motor Corporation (HMC), belum ada pernyataan resmi tentang mobil listrik. Jadi saya belum bisa mengkonfirmasi," tulis Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Mukiat Sutikno menanggapi isu tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sebelumnya pada pekan lalu, Harjanto menegaskan bahwa Hyundai siap mengalokasikan dana investasi sebesar Rp12 triliun untuk membangun pabrik berkapasitas produksi 250.000 mobil setahun. Itu sudah termasuk produksi lini mobil listrik. Hal ini mereka lakukan, lantaran Indonesia memiliki cadangan nikel laterit yang sangat banyak. Ini merupakan bahan baku pembuatan baterai lithium-ion yang ramah lingkungan, berkapasitas lebih besar dan sudah mulai banyak digunakan di mobil listrik modern.

Tentang investasi besar itu, pun menjadi basis produksi untuk pasar ekspor. Mengingat pabrik ini disebut oleh Hyundai Motor Corporation bakal mengalokasikan 53 persen hasil produksi mereka untuk pasar Asia Tenggara dan Australia. Selebihnya (47 persen) untuk dipasarkan di Indonesia.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi