TNGA-B untuk mobil-mobil berukuran compact. Toyota
TNGA-B untuk mobil-mobil berukuran compact. Toyota

Sasis Baru di Keluarga TNGA untuk Mobil Compact

Otomotif toyota teknologi otomotif
Ekawan Raharja • 14 November 2019 10:01
Jepang: Penggunaan satu sasis untuk beragam mobil memang kerap dilakukan oleh Toyota untuk efisiensi, termasuk urusan biaya produksi dan research and development (RnD). Kini, mereka asal Jepang itu menambah pilihan sasis di keluarga Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menjadi rancang bangun mobil-mobil mereka selanjutnya.
 
Lebih tepatnya, Toyota menghadirkan sasis TNGA-B untuk kendaraan yang lebih ringkas dibandingkan TNGA-C, TNGA-K, TNGA-N, dan TNGA-L. Sasis terbaru ini akan digunakan oleh Toyota untuk membangun mobil yang berukuran lebih kecil dan compact seperti Yaris.
 
Sehingga kehadiran TNGA-B bisa menjadi pertanda bahwa pemilik merek Daihatsu ini sudah mulai mempersiapkan Yaris generasi terbaru. Mengingat rival terdekatnya, Honda Jazz, sudah kedatangan generasi keempat di Tokyo Motor Show 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sasis Baru di Keluarga TNGA untuk Mobil Compact
 
Sebagai perbandingan, TNGA-C saat ini digunakan oleh CH-R, Prius, dan Corolla. Kemudian TNGA-K digunakan oleh Camry, Lexus ES, dan RAV4. TNGA-N saat ini digunakan oleh Crown, serta TNGA-L digunakan oleh Lexus LC dan LS series.
 
Para insinyur Toyota membuat sasis ini dengan menekankan sensasi berkendara yang confident dan natural. Kemudian untuk interiornya nanti juga sudah dihitung, sehingga menawarkan kabin yang lebih lapang.
 
Sensasi yang dijanjikan oleh TNGA-B ini tidak terlepas dari pengendalian mobil yang lebih baik, bagian bawah body yang kaku, serta bobot yang lebih ringan. Selain itu, posisi pengemudinya akan lebih rendah dan lebih ke tengah, agar titik pusat gravitasi mobil menjadi lebih turun dan memberikan posisi pengemudi yang lebih baik.
 
Sasis Baru di Keluarga TNGA untuk Mobil Compact
 
Salah satu keunggulan sasis ini adalah ukuran wheelbase, ketinggian, hingga lebarnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga, desainer bisa memproduksi lebih banyak jenis mobil baru dengan TNGA-B. Dan ada kemungkinan dari platform TNGA-B ini pihak Toyota bisa memproduksi mobil yang lebih pendek dengan bodi lebar.
 
Selain itu TNGA-B juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan baterai di bawah jok belakang. Ini artinya sasis ini bisa dimanfaatkan untuk mobil-mobil berteknologi hybrid atau plug in hybrid.
 
Jadi kapan Yaris dengan sasis TNGA-B akan meluncur? Tunggu saja.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif