Gunakan komponen kendaraan yang asli biar awet dan bikin prima kondisi mobil. Dok. MTVN
Gunakan komponen kendaraan yang asli biar awet dan bikin prima kondisi mobil. Dok. MTVN

Pakai Komponen Asli, Bikin Mudik jadi Tenang

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 01 Juni 2018 12:20
Jakarta: Banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, tak jarang dipicu komponen kendaraan gagal berfungsi, bisa dari usia pakai atau kualitasnya buruk. Meski faktor yang pertama paling sering dijumpai, namun buruknya kualitas komponen punya andil besar.
 
Jika pengemudi memilih untuk menggunakan komponen yang tak berkualitas, maka risiko kegagalan komponen tersebut bekerja juga semakin tinggi. Maka urusan memilih komponen kendaraan bisa amat berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan.
 
“Masih banyak pengemudi yang meremehkan bagian-bagian terkecil kendaraan yang justru mempengaruhi kelayakan kendaraan, keselamatan dan daya tahan,” terang Marketing Manager Bosch Automotive, Griselda Iwandi, saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Pakai Komponen Asli, Bikin Mudik jadi Tenang
Griselda juga berpesan agar persiapkan kendaraan Anda sedini mungkin, karena itu, dengan tenggang waktu yang masih tersisa bisa mencegah persiapan yang terlupa/terlewat saat servis mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Griselda menyarankan, mobil yang hendak dibawa mudik sebaiknya dilakukan pengecekan berkala, seperti tune up. Karena tune up merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pekerjaan. Diantaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.
 
Tak kalah penting, pemilihan beberapa komponen sederhana seperti busi, aki atau bohlam sebaiknya gunakan yang berkualitas baik dan asli sesuai bawaan pabrik, karena besar pengaruhnya terhadap keselamatan berkendara. Terutama untuk perjalanan dengan jarak dan waktu tempuh yang panjang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi