NEWSTICKER
Mercedes-Benz mengambil langkah berani dengan rencana menghentikan produksi X-Class pada Mei 2020. Mercedes-Benz
Mercedes-Benz mengambil langkah berani dengan rencana menghentikan produksi X-Class pada Mei 2020. Mercedes-Benz

Industri Otomotif

Mercedes-Benz X-Class Bakal 'Tutup Usia' pada Mei 2020

Otomotif mercedes-benz industri otomotif
Ekawan Raharja • 19 Februari 2020 08:16

Stuttgart: Mercedes-Benz mengambil langkah berani dengan rencana menghentikan produksi X-Class pada Mei 2020. Performanya yang kurang menarik konsumen membuat pabrikan asal Jerman ini mengambil langkah mengakhiri nasib mobil pikap tersebut.
 
Anak usaha Daimler ini berencana untuk menghentikan produksi X-Class per Mei tahun ini. Pasalnya, X-Class berada di divisi Van Mercedes ini mengalami kerugian sebanyak EUR2,4 miliar atau sekitar Rp35 miliar pada 2019 lalu.
 
Melalui data penjualan, X-Class secara keseluruhan hanya bisa menjual hanya 16.700 unit mobil pada tahun 2018. Sayangnya di tahun 2019, angka ini kemudian menurun di 15.300 unit mobil. Kalau dibandingkan dengan saudaranya, Nissan Navara, penjualannya jauh lebih mentereng dengan mencapai 66.000 unit di paruh tahun 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


X-Class memang bukan lah model yang dikembangkan 100 persen oleh pabrikan asal Jerman ini karena mengambil berbasis dari Navara. Bahkan untuk produksinya berada di pabrik milik Nissan di Barcelona Spanyol.
 
Sejak tahun lalu, Mercedes-Benz sempat bimbang untuk mempertahankan X-Class ini atau menghentikannya. Bahkan di kuartal pertama 2019, Mereka sempat berniat memproduksi X-Class di Argentina namun urun dilakukan karena ekspektasi pasar di Amerika Selatan tidak sesuai dengan skala ekonomis.
 
Dalam line-up global, X-Class hanyalah produk kecil yang berkontribusi di kawasan Australia dan Afrika Selatan. Hingga saat ini, varian yang dijual hanya X350d sementara varian x250d dan x220d sudah hilang dari situs Mercedes-Benz Jerman
 
Di Jerman, X-Class dibanderol EUR48.790 atau sekitar Rp 724 jutaan. Harga tersebut lebih mahal EUR16.000 dari Navara dan EUR4.000 dari Renault Alaskan yang ikut memakai basis dari Double-Cabin pabrikan Jepang ini.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif