Serum Sapphire yang digunakan bisa mencapai kadar kualitas hardness 9H+ 5Mohs. Medcom.id/Ekawan Raharja
Serum Sapphire yang digunakan bisa mencapai kadar kualitas hardness 9H+ 5Mohs. Medcom.id/Ekawan Raharja

Coating Mobil Berteknologi Safir

Otomotif IIMS 2019
Ekawan Raharja • 30 April 2019 16:15
Jakarta: Pengembangan teknologi pelapis cat kendaraan, coating, semakin hari semakin canggih. Kini teknologi coating sudah memasuki generasi keempat dengan teknologi safir.
 
CEO Makko Group, Christopher Sebastian, menjelaskan teknologi coating sekarang ini sudah memasuki generasi keempat. Generasi pertama dimulai dari wax (lilin), dan kini sudah mencapai teknologi sapir. Diklaim coating dengan teknologi sapir memiliki tingkat kekerasa lebih keras, dan memberikan perlindungan lebih baik.
 
"Teknologi yang kami tawarkan karena lebih baik karena memiliki tingkat kekerasan lebih baik, dan akhirnya memberikan perlindungan lebih baik. Kami sudah mengaplikasikan teknologi ini di Topcoat dengan Serum Sapphire yang digunakan bisa mencapai kadar kualitas hardness 9H+ 5Mohs dalam waktu satu minggu,” ungkap Christopher Sebastian Senin (29/4/2019) di ajang Telkomsel IIMS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di saat lapisan coating sudah mengeras dengan sempurna, maka permukaan body yang dipoles akan sangat licin. Hal ini membuat material kotor seperti minyak, kotoran burung, getah pohon, lumpur dan debu tidak mudah menempel. Fitur itu disebut super oleophobic.
 
Coating Mobil Berteknologi Safir
 
Kemudian ada lagi fitur hydrophobic yang menjadikan permukaan anti-air sehingga air yang menyentuh bodi segera mengalir tidak menempel di body. Hasilnya permukaan bodi lebih terjaga dari jamur dan cuaca panas.
 
“Bahkan teknologi ini juga digunakan di MotoGP untuk melapisi bagian mesin. Efeknya mesin tidak terlalu memancarkan panas, dan kaki bisa dekat dengan mesin motornya,” sambung Christopher Sebastian.
 
Untuk pengaplikasian coating Sapphire Serum di mobil akan dikenakan biaya Rp 5-6 juta. Kemudian khusus selama Telkomsel IIMS 2019, Topcoat memberikan harga spesial untuk produk yang sapphire maupun yang ceramic. Konsumen yang tertarik dengan sapphire serum akan dikenakan harga Rp 5 juta, kemudian produk yang ceramic diharga Rp4 juta. Paket tersebut sudah termasuk interior detailing, engine, dan kaca coating.
 
Beberapa salon kendaraan yang memberikan pelayanan coating sampaui saat ini masih menawarkan teknologi berbahan ceramics. Sebut saja HD Car Care atau Scuto yang menawarkan teknologi coating berteknologi ceramics.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif