Rupiah Terpuruk, Mercedes-Benz Masih Tahan Harga
Mercedes-Benz masih tahan kenaikan harga meski rupiah sedang terpuruk. Medcom.id/Ekawan Raharja
Tangerang Selatan: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kini sudah tembus Rp15 ribu per dolar. Meski demikain Mercedes-Benz Indonesia masih tahan harga jual untuk mobil-mobilnya.

Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, menjelaskan pabrikan asal Jerman tersebut belum menaikkan harga. Bahkan kenaikan harga mobil-mobil premium milik mereka terjadi pada Februari 2018.

Salah satu penyebab pabrikan satu ini tidak menaikan harga karena sebagian besar transaksi dilakukan dengan menggunakan euro. Cuma diakui juga bahwa kondisi euro pun saat ini sudah melewati prediksi awal.


"Sepanjang tahun kami ada rentang fluktuasi nilai tukar. Istilah kerennya mungkin hedging. Selama belum melewati rentang itu kami masih berusaha menahan agar tidak ada perubahan harga. Tapi kalau sudah melewati yang ditentukan mau tak mau harus disesuaikan," ucap Hari Arifianto Kamis (11/10/2018) di dealer Mercedes-Benz BSD City.

Selain itu kunci harga-harga bisa ditahan adalah skema Completely Knock-Down (CKD) yang diterapkan. Dia menjelaskan sudah ada enam mobil yang dirakit di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang Bogor.

“80 persen kendaraan yang dijual di Indonesia sudah CKD, jauh lebih banyak dibandingkan CBU. CBU mesin berkapasitas di atas 3.000 cc bahkan mungkin kontribusinya cuma sekitar 3 persen,” sambung Hari.

Tentu di kondisi sulit seperti ini, masih banyak pabrikan yang tetap mempertahankan harga jual kendaraan mereka tetapi tidak sedikit juga yang sudah menaikan harganya. Sebut saja Toyota yang baru-baru ini melakukan penyesuaian harga terkait nilai tukar rupiah yang bertekut lutut dihadapan dolar Amerika Serikat.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id