Hongqi L5 memiliki segmen ultra premium. Hongqi
Hongqi L5 memiliki segmen ultra premium. Hongqi

Merek Tiongkok Ini Tantang Rolls-Royce

Otomotif mobil baru industri otomotif
Ekawan Raharja • 20 November 2019 12:57
Shanghai: Industri otomotif Tiongkok memang tengah berkembang dan bermain di semua segmen. Bahkan mereka ingin menantang Rolls-Royce yang berada di segmen ultra premium.
 
Hongqi diketahui serius untuk bisa menghasilkan mobil yang bisa menyaingi merek asal Inggris tersebut. Mereka bahkan sampai mempekerjakan mantan kepala desain Rolls-Royce, Giles Taylor, sejak 2018.
 
Giles Taylor sekarang ini diberikan peran sebagai Global Vice-President of Design and Chief Creative Officer Hongqi di Munich, Jerman. Dia pun mendesain sebuah mobil dengan mengangkat nilai-nilai kultur dan sejarah Tiongkok melalui sebuah limosin Hongqi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merek Tiongkok Ini Tantang Rolls-Royce
 
"Kami menyasar konsumen muda yang sangat kaya dan mereka menginginkan merek lokal,” kata Taylor dilansir dari Autocar.
 
Giles Taylor memerintahkan tim desain Hongqi untuk mendesain mobilnya sendiri dengan menekankan nilai-nilai yang dimiliki. Sehingga mereka bisa meredam atau menghindari tuduhan sebagai mobil kloningan Rolls-Royce.
 
“Kami harus menemukan inovasi dan teknologi digital ala Tiongkok dalam merancang mobil Hongqi yang memiliki daya tarik tersendiri. Kami tidak akan melakukan hal seperti itu (menjiplak desain)," sambungnya.
 
Merek Tiongkok Ini Tantang Rolls-Royce
 
Meski DNA desain adalah kunci utama, Taylor juga melihat inovasi sebagai sebuah kekuatan merek-merek Tiongkok. “Saya melihat Tiongkok haus akan inovasi. Jika anda melihat konsumen, mereka berharap inovasi dan termasuk inovasi desain,” ucapnya.
 
Memang tidak mudah menyaingi Rolls-Royce yang sudah berumur hingga 114 tahun dan bermain di segmen ultra premium. Meski demikian, bukan tidak mungkin merek asal Tiongkok itu bisa bersaing dengan Rolls-Royce.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif