RANC mengurangi kebisingan di dalam kabin hingga 3dB (desibel). Hyundai
RANC mengurangi kebisingan di dalam kabin hingga 3dB (desibel). Hyundai

Teknologi Otomotif

Cara Hyundai Kurangi Bising di Kabin Mobil

Otomotif teknologi otomotif hyundai
Ekawan Raharja • 14 November 2019 16:28
Seoul: Suara bising yang masuk ke kabin mobil sedikit banyak mengurangi kenyamanan selama perjalanan. Hyundai kini sedang mencoba untuk kurangi bising di kabin mobil dengan menggunakan teknologi noise cancellation atau peredam bising terbaru.
 
Teknologi peredam bising yang sedang dikembangkan ini diberi nama Road Noise Active Noise Control (RANC). Fitur ini dikembangkan dari Active Noise Control (ANC), dengan cara memancarkan gelombang suara yang dibalik ke kebisingan yang masuk, dan melakukan ini dengan menganalisis suara di dalam kabin untuk mengurangi kebisingan mesin dan jalan, bukan hanya dengan memblokir kebisingan melalui isolasi suara.
 
Teknologi ini diklaim berbeda dengan metode pemasangan peredam suara. Karpet peredam suara biasanya akan menambah beban bobot mobil, dan tidak bisa memblokir infrasuara yang berdengung secara maksimal. ANC menggunakan mikrofon dan pengontrol, dan digunakan untuk mengontrol serta mengurangi infrasonik dan lebih efisien.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sampai saat ini ANC masih memiliki kelemahan untuk mengukur tingkat kebisingan. teknologi ini hanya bereaksi terhadap kebisingan yang konstan atau terjadi sesuai prediksi. Umumnya, teknologi ini digunakan untuk menangkal kebisingan akibat suara mesin yang konstan atau noise ban.
 
Cara Hyundai Kurangi Bising di Kabin Mobil
 
Prinsip kerja RANC yaitu menggunakan sensor akselerasi, kemudian RANC akan menghitung getaran dari jalan ke mobil, lalu komputer akan menganalisis kebisingan jalan. Hanya diperlukan waktu 0,002 detik untuk menganalisis kebisingan dan menghasilkan gelombang suara terbalik (bising ke senyap), dihasilkan oleh DSP (Digital Signal Processor).
 
Sementara mikrofon akan terus memantau status pembatalan kebisingan jalan, kemudian mengirim informasi ke DSP. RANC mampu melakukan analisis kebisingan yang akurat dengan perhitungan cepat untuk kursi pengemudi, penumpang depan dan belakang secara terpisah.
 
Berdasarkan tes yang mengevaluasi permukaan jalan, kecepatan kendaraan, dan posisi tempat duduk yang berbeda, RANC mengurangi kebisingan di dalam kabin hingga 3dB (desibel). Catatan ini terbilang mengurangi setengah dari noise di kabin yang tidak dilengkapi dengan RANC.
 
"RANC adalah teknologi luar biasa yang membawa teknologi NVH ke tingkat selanjutnya. Kami akan terus mengambil posisi terdepan dalam teknologi NVH dan memberikan tingkat ketenangan tertinggi kepada pelanggan," ungkap Peneliti di NVH Research Lab, Gangdeok Lee.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif