Industri Otomotif

Mercedes-Benz: Bus Kami Siap 'Tenggak' Solar B20

M. Bagus Rachmanto 06 Desember 2018 18:32 WIB
industri otomotif
Mercedes-Benz: Bus Kami Siap 'Tenggak' Solar B20
Mercedes-Benz dukung kebijakan pemerintah tentang penerapan solar B20. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
BSD City: Rencana pemerintah menerapkan bahan bakar standar biodiesel (B20) untuk bus dan truk disambut positif para produsen mobil komersial tanah air. Bahkan mereka pun sudah melakukan berbagai macam persiapan.

Seperti diketahui Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrikan yang menawarkan mesin diesel pada kendaraan komersialnya (bus), dan mereka menyatakan kesiapannya dengan bahan bakar solar B20.

"Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah, saat ini kami sudah mempersiapkan semua 
sumber dayanya, termasuk teknologi yang berkaitan dengan emisi Euro4," kata Marketing Director for Truck and Daimler Bus, Jung-Woo Park di acara peluncuran bus di BSD City, Tangerang, Kamis 6 Desember 2018.


Bos DCVI itu pun mengklaim jika bahan bakar solar B20 cocok diaplikasikan pada produk terbarunya. "Regulasi baru ini akan menjadi tantangan bagi kami untuk bisa megikuti kebijakan pemerintah."

Sementara itu menyinggung soal program mandatory biodiesel, di mana bahan bakar nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit dicampur dengan bahan bakar minyak hingga 30 persen atau B30, kata Jung, pihaknya masih harus melakukan riset terlebih dulu. "Untuk itu kami masih harus melakukan uji produk dulu."

Tak hanya Mercedes-Benz yang bersiap dengan produk bus-nya. Pabrikan truk Isuzu yang setia dengan mesin diesel-nya juga menyatakan siap dengan bahan bakar solar B20. Isuzu mengungkapkan hasil risetnya tentang kecocokan solar B20 dengan mesin produksi mereka sejak 2016. 

"Kami melakukan uji coba untuk B20 sejak 2016 dengan mengambil sampel bahan bakar di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Rata-rata kantungan FAME dikisaran 19,5 - 23,4 persen," ujar GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril, kepada Medcom.id di kesempatan berbeda.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id